Destinasi Wisata Kota Makassar, Sulawesi Selatan

SHARE:

Kota Makassar memiliki objek wisata menarik yang menjadi destinasi tujuan wisata di Sulawesi Selatan. Berikut ini rangkuman destinasi wisata Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Kota Makassar memiliki objek wisata menarik yang menjadi destinasi tujuan wisata di Sulawesi Selatan. Ibu kota Sulawesi Selatan ini punya riwayat panjang sejarah di Indonesia. Oleh karena itu maka tak heran bila objek wisata di Kota Makassar ini didominasi oleh objek wisata sejarah.

Tapi itu bukan berarti bahwa Kota Makassar tidak memiliki objek wisata lainnya, kota ini punya objek wisata bahari yang sangat menakjubkan. Kota Makassar memiliki pulau-pulau cantik nan eksotis yang masuk dalam Gugusan Kepulauan Spermonde - gugusan kepulauan yang terletak di Selat Makassar, dengan kurang lebih 120-an pulau yang tersebar mulai dari Kabupaten Takalar di selatan hingga Mamuju selatan dan masuk ke dalam Sulawesi Barat.

Nah, jika Anda berencana untuk bepergian ke Sulawesi Selatan, atau sudah di Makassar? Baca Makassar Guide untuk mendapat panduan dan informasi wisata yang Anda perlukan. Maksimalkan waktu Anda di Makassar atau Kabupaten/Kota lainnya di Sulawesi Selatan dan lihat Sulawesi Selatan dalam perspektif baru bersama kami.

Berikut ini rangkuman destinasi wisata Kota Makassar, Sulawesi Selatan!

Wisata Bahari di Kota Makassar

Pulau Lanjukang, Kota Makassar

Pulau lanjukang Kota Makassar Photo by @dani_sang_petualang_liar
Pulau lanjukang Kota Makassar Photo by @dani_sang_petualang_liar

Pulau Lanjukang adalah sebuah pulau yang sedara administratif masuk dalam wilayah Pemerintahan Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Berjarak sekira 24 mil atau 40 kilometer dari pesisir Kota Makassar, menjadikan pulau ini sebagai pulau terjauh yang masuk dalam wilayah Kota Makassar setelah pulau Lumulumu.

Suasana di Pulau Lanjukang sangat hening, hanya deburan ombak dan gemerisik daun yang menenteramkan perasaan. Perairan di sekitar Pulau Lanjukang ini sangat jernih, bahkan terumbu karang dan ikan-ikan berwarna-warni bisa terlihat dari permukaan laut.

Di Pulau Lanjukang terdapat dua wisma tamu yang dikelola oleh sebuah hotel besar di Kota Makassar. Karenanya, wisma ini memiliki fasilitas yang cukup baik. Informasi lebih lengkap tentang Pulau Lanjukang dapat dibaca di Obyek Wisata Bahari Pulau Lanjukang Kota Makassar.


Pulau Kodingareng Keke, Kota Makassar

Pulau Kodingareng Keke Kota Makassar Photo by @arulasfan
Pulau Kodingareng Keke Kota Makassar Photo by @arulasfan

Pulau Kodingareng Keke masuk dalam wilayah Kecamatan Ujungtanah, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Jaraknya 8,37 mil atau 13,48 kilometer dari pesisir Kota Makassar.

Pasir putih, perairan jernih, dan udara bersih adalah beberapa dari banyak pesona yang dimiliki Pulau Kodingareng Keke. Anda dapat tinggal di cottage-cottage yang tertata apik. Melakukan banyak hal menyenangkan lalu beristirahat dengan nyaman.

Pulau Kodingareng Keke merupakan satu dari 11 pulau dalam jajaran kepulauan spermonde (spermonde shelf) di Kota Makassar. Bentuk pulau memanjang dari timur ke barat daya dengan luas total satu hektare. Pantai tersusun dari daratan pasir putih dan pecahan karang beraneka ragam. Informasi lebih lengkap tentang Pulau Kodingareng Keke dapat dibaca di Obyek Wisata Bahari Pulau Kodingareng Keke Kota Makassar.


Pulau Samalona, Kota Makassar

Pulau Samalona Kota Makassar Photo by @arulasfan
Pulau Samalona Kota Makassar Photo by @arulasfan

Pulau Samalona berada di kawasan administrasi pemerintahan Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Jarak tempuh ke Pulau Samalona yaitu 2 kilometer atau sekira 30 menit menggunakan perahu motor dari Kota Makassar.

Di Pulau Samalona, kita akan disambut hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Saking jernihnya, pengunjung dapat melihat indahnya terumbu karang langsung dari atas perahu. Sebagai salah satu obyek wisata bahari di Kota Makassar, pulau Samalona sudah dilengkapi berbagai fasilitas penunjang wisata, seperti penginapan, kamar bilas, dan kedai. Jika ingin melihat keindahan bawah laut, juga tersedia jasa sewa alat-alat diving dan snorkeling lengkap dengan pemandu jika diinginkan.

Pulau Kayangan, Kota Makassar

Pulau Kayangan Kota Makassar Photo by @nurulmathar
Pulau Kayangan Kota Makassar Photo by @nurulmathar

Pulau Kayangan adalah salah satu pulau yang menjadi obyek Wisata Bahari Kota Makassar. Meski Makassar memiliki sejumlah pulau wisata, seperti pulau Samalona dan Pulau Kodingareng, namun pulau Kayangan cukup sempurna disebut sebagai pulau wisata.

Pesisir barat Pulau Kayangan menghadap kelaut lepas, laut biru yang menyajikan panorama sunset yang indah di sore hari. Sementara di sebelah timur, pulau ini berhadapan langsung dengan pelabuhan Makassar dengan pemandangan aktifitas kapal yang hilir mudik dan gemerlap lampu di Kota Makassar saat malam menjadi pemandangan yang mempesona.

Pulau Lae-Lae, Kota Makassar

Pulau Lae-lae Kota Makassar Photo by @rahmat.alfian
Pulau Lae-lae Kota Makassar Photo by @rahmat.alfian

Pulau Lae lae merupakan salah satu pulau kecil yang menjadi tampat kunjungan wisata di Kota Makassar berjarak 1.5 Km dari Kota Maksasar. Pulau di bagian barat kota makassar ini dapat dicapai dengan menempuh perjalanan selama 10 menit menggunakan perahu motor.

Di pulau Lae-lae terdapat situs sejarah peninggalan perang yaitu sebuah terowongan bawah tanah, yang konon katanya terhubung dengan benteng Rotterdam kota Makassar. Obyek wisata bahari Kota Makassar ini merupakan salah satu tempat menyelam bagi para penggemar penyelam, juga tempat snorkeling.

Pulau Langkai, Kota Makassar

Pulau Langkai Kota Makassar Photo by @ardiyanta
Pulau Langkai Kota Makassar Photo by @ardiyanta

Pulau Langkai berada di kelurahan Barrang Caddi, kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar. Pulau Langkai berjarak 36 km dari kota Makssar. Posisi pulau ini berada di 5,5 km selatan Lanjukang dengan luas mencapai lebih dari 27 hektar dan terumbu yang mengelilingi seluas 142 hektar.

Sebagai salah satu obyek Wisat Bahari di Kota Makassar, Pulau Langkai yang merupakan salah satu pulau terluar Makassar ini menyajikan panoramanya yang memesona. Di Langkai kita bisa melihat indahnya terumbu karang. Kekayaan bawah lautnya juga membuat banyak wisatawan datang untuk memancing. Informasi lebih lengkap tentang Pulau Langkai dapat dibaca di Obyek Wisata Bahari Pulau Langkai Kota Makassar.


Pulau Barrang Caddi, Kota Makassar

Pulau Barrang Caddi Kota Makassar Photo by @travelinggold
Pulau Barrang Caddi Kota Makassar Photo by @travelinggold

Pulau Barrang Caddi adalah sebuah pulau yang menjadi tujuan wisata di Kota Makassar. Pulau Barrang Caddi berjarak 11 km dari Kota Makassar  dan berada di sebelah timur Pulau Barranglompo. Kedalaman perairan disekitar pulau Barrang Caddi umumnya besar dari 25 meter, sehingga menjadi bagian dari alur pelayaran masuk-keluar pelabuhan Soekarno-Hatta.

Di pulau  Barrang Caddi kita bisa mengunjungi tempat pembuatan perahu tradisional pada sisi barat pulau ini.

Pulau Barrang Lompo, Kota Makassar

Pulau Barrang Lompo Kota Makassar Photo by @saadduddint
Pulau Barrang Lompo Kota Makassar Photo by @saadduddint

Pulau Barrang Lompo berada di wilayah kecamatan ujung tanah, Kota Makassar. Pulau Barrang Caddi berjarak 13 kilometer dari Kota Makassar. Pulau Barrang Lompo memiliki beberapa spot selam dan snorkeling dengan kehidupan karang dan ikan karang umunya masih baik.

Selain itu di Pulau Barrang Lompo juga dapat dijumpai makam-makam tua dari abad ke XIX dan tempat pembuatan cindera mata dari karang laut.

Pulau Lumu-lumu, Kota Makassar



Pulau Lumu-lumu berjarak 28 km dari kota Makassar, masuk dalam kelurahan Barrang Caddi, kecamatan ujung tanah. Posisi pulau ini berada di sebelah timur Pulau Lanjukang, dan merupakan pulau terdekat dari tiga pulau terluar Makassar.

Pulau Lumu-lumu berbentuk bulat, memanjang dari barat laut ke tenggara. Sebaran terumbu karang yang mengelilingi pulau ini dengan kedalaman kurang dari 1 meter, dan sebagian besar berubah menjadi daratan pada kondisi surut minimum.


Pantai Akkarena, Tanjung Bunga, Kota Makassar


Pantai Akkarena berada hanya sekitar lima kilometer sebelah barat pusat Kota Makassar (Lapangan Karebosi). Tepatnya di kawasan pariwisata dan bisnis global Tanjung Bunga. Sangat dekat dengan Pantai Losari Makassar. Di Pantai Akkarena Anda bisa menikmati suasana sunset yang indah dan romantis.

Pantai Akkarena Makassar merupakan tempat wisata keluarga yang menawarkan taman hidangan, arena bermain outdoor, serta olahraga air seperti jetsky, flying fish, banana boat, memancing ikan, maupun berenang di pinggir pantai. Arena olahraga air ini telah ditunjang dengan tempat bilas, areana loker dan tempat ganti pakaian.

Pantai Tanjung Bayang, Kota Makassar


Pantai Tanjung Bayang Kota Makassar Photo @anggihasibuan
Pantai Tanjung Bayang Kota Makassar Photo @anggihasibuan

Pantai Tanjung Bayang terletak di di Kelurahan Barombong, Kecamatan Tamalate, Makassar, Sulawesi Selatan. Pantai Tanjung Bayang adalah salah satu tempat wisata di Kota Makassar yang seringkali menjadi pilihan berwisata murah. Namun berbagai kegiatan menarik bisa dilakukan di sini.

Di Lokasi Wisata Pantai Tanjung Bayang ini ada wisma dan penginapan yang bisa disewa untuk bermalam atau sekadar beristirahat. Memang bukan berkelas hotel. Bentuknya bermacam-macam, mulai dari bangunan permanen dengan tembok sampai rumah panggung tradisional. Berdiri di sela-sela tumbuhan pantai. Semua bisa disewa dengan harga terjangkau.

Pantai Losari, Kota Makassar


Pantai Losari Kota Makassar Photo by @firman.nd
Pantai Losari Kota Makassar Photo by @firman.nd
Pantai Losari adalah sebuah pantai yang terletak di sebelah barat kota Makassar, provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Pantai Losari sudah menjadi ikon dari Makassar dan merupakan salah satu tempat wisata di Makassar yang paling populer.

Di sekitar pantai Losari ini terdapat pusat kuliner yang menjual berbagai macam makanan dan jajanan khas. Berbagai kuliner lezat tersedia bagi para penggemar kuliner. Salah satunya yang digemari adalah pisang epe. Pisang yang dibakar kemudian dipipihkan dan diberi campuran air gula merah.

Pantai Losari terletak tepat di jantung Kota Makassar, yaitu di Jalan Penghibur, yang terletak di sebelah barat kota Makassar, Sulawesi Selatan. Pantai Losari menyajikan keindahan matahari terbenam yang membuai mata.

Pantai Layar Putih, Kota Makassar


Pantai Layar Putih Kota Makassar Photo by @ardypatandun
Pantai Layar Putih Kota Makassar Photo by @ardypatandun
Pantai Layar Putih adalah kawasan wisata pantai yang berada di  Kecamatan Tamalate, Kota Makassar.  Pantai ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset dengan pandangan bebas kelaut. Untuk sekedar bersantai dan menikmati sunset ditemani secangkir kopi, terdapat pondok-pondok kecil yang disewakan dengan harga sekitar Rp. 30.000,-.

Pelabuhan Paotere, Kota Makassar


Pelabuhan Paotere Kota Makassar Photo by @indrasutamaa
Pelabuhan Paotere Kota Makassar Photo by @indrasutamaa
Inilah pelabuhan tradisional di mana phinisi, kapal Bugis-Makassar yang legendaris itu, berlabuh dan melayani pengangkutan barang antarpulau.

Pelabuhan Paotere terletak di Jl. Sabutung, Pattingalloang Baru, Ujung Tanah, Kota Makassar. Jaraknya hanya sekitar 5 kilometer sebelah utara titik nol kilometer Kota Makassar, Lapangan Karebosi. Dengan waktu tempuh sekira 8 menit. Paotere adalah pelabuhan rakyat yang hanya disinggahi oleh kapal-kapal kayu.

Wisata Sejarah di Kota Makassar

Fort Rotterdam, Kota Makassar


Fort Rotterdam Benteng Ujung Pandang Makassar Photo by @tamma_akbar
Fort Rotterdam Benteng Ujung Pandang Makassar Photo by @tamma_akbar
Fort Rotterdam merupakan bangunan berarsitektur Portugis yang pada masa awal terdiri atas bangunan bertiang tinggi khas tradisional Makassar. Dalam perkembangannya, desain berganti menjadi bangunan bergaya Eropa atau gotik.

Sebelumnya, Fort Rotterdam dikenal sebagai Benteng Ujung Pandang. Benteng itu dibangun Raja Gowa IX, Daeng Matanre Karang Manguntungi Tumaparisi Kallonna; kemudian diselesaikan putranya, yakni Raja Gowa X, I Manriwa Gau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tunapallangga Ulaweng pada 1545.

Dalam Fort Rotterdam, ada 13 bangunan masih berdiri kokoh dengan taman hijau yang bisa dijadikan tempat berpose, bersantai, dan biasa dijadikan tempat berkumpulnya komunitas dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan.

Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat, Kota Makassar


Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat Kota Makassar Photo @asykurrr
Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat Kota Makassar Photo @asykurrr
Monumen Mandala terletak di Jl Jenderal Sudirman, lokasinya hanya 200 meter sebelah selatan titik nol kilometer Kota Makassar, Lapangan Karebosi. Dari Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Monumen Mandala berjarak 3,1 km dengan waktu tempuh sekira 7 menit. Dan dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, monumen ini berjarak 20,6 km dengan waktu tempuh sekira 30 menit.

Monumen Mandala adalah sebuah bukti monumental penghargaan dan kenangan abadi masyarakat Sulawesi Selatan terhadap perjuangan untuk pembebasan Irian Barat pada tahun 1966. Kala itu, Makasar ditetapkan sebagai pusat Markas Komando Mandala dalam pelaksanaan operasi perebutan Irian Barat, hingga akhirnya Indonesia berhasil merebut Irian Barat.

Dengan ketinggian 75 meter dari permukaan tanah, Monumen Mandala menjulang di pusat Kota Makassar. Ini merupakan bangunan menara yang dibangun pada tahun 1994 dan selesai pada tahun 1996.

Museum Lagaligo, Benteng Rotterdam, Kota Makassar


Museum Lagaligo Benteng Rotterdam Kota Makassar Photo by @ikhlasulaqmal
Museum Lagaligo Benteng Rotterdam Kota Makassar Photo by @ikhlasulaqmal
Terletak di dalam Fort Rotterdam, Makassar, Museum La Galigo menyimpan sejarah kebudayaan Makassar mulai dari kain tenun, miniatur rumah adat, mahkota raja, dan artefak lainnya. Nama museum diambil dari La Galigo, karya sastra klasik dunia yang besar dan terkenal ini merupakan hasil saran dari para cendikiawan dan budayawan.

Lapangan Karebosi, Kota Makassar


Lapangan Karebosi Kota Makassar Photo by @mzr.mudzfar
Lapangan Karebosi Kota Makassar Photo by @mzr.mudzfar
Lapangan Karebosi merupakan titik nol kilometer Kota Makassar. Lapangan cantik yang dikenal dengan nama Lapangan Karebosi ini berfungsi lengkap sebagai ruang publik dan komersial. Mulai dari sekadar jalan-jalan, jogging, bermain sepakbola, basket, baseball, tenis hingga berbelanja dapat dilakukan di sini.

Pada masa awal Kerajaan Gowa abad ke-13, Karebosi berfungsi sebagai sawah kerajaan sebelum berubah menjadi lapangan kerajaan yang berfungsi sebagai area publik kala itu. Pada masa kolonial Belanda, areal ini bernama Koningsplein yang fungsinya sebagai ruang publik dan tempat latihan pasukan Belanda. Saat itu Karebosi diapit dua benteng basis militer Belanda.

Makam Raja-raja Tallo, Kota Makassar

Makam Raja-raja Tallo terletak di Kelurahan Tallo, Kecamatan Tallo, sekitar enam kilometer sebelah utara titik nol kilometer Kota Makassar, Lapangan Karebosi. Terdapat 78 makam di kompleks tersebut. Berisi makam Raja Tallo pertama beserta anak cucunya. Makam-makam itu memiliki tiga tipe yang berbeda-beda.

Makam-makam di kompleks itu umumnya berciri makam abad XVII yang menyerupai bangunan candi. Terbuat dari batu cadas dan batu bata dari tanah liat yang direkatkan satu sama lain. Total luas kompleks itu adalah 1 hektare. Tertata sebagai sebuah taman yang teduh karena banyak pohon besar dan rindang.

Kompleks Makam Datu Ri Bandang, Kota Makassar

Kompleks Makam Datu Ri Bandang terletak di Jl. Sinassara, Kelurahan Kalukubodoa, Kecamatan Tallo. Jaraknya sekitar enam kilometer sebelah utara Lapangan Karebosi, titik nol kilometer Kota Makassar. Suasana kompleks makam Datu Ri Bandang sangat asri dan bersih. Seorang juru rawat selalu setia menjaga kebersihan kompleks makam tersebut.

Datu Ri Bandang adalah Ulama Minangkabau yang memperkenalkan orang Makassar kepada Islam. Jasad ulama besar ini pula terbaring di Kompleks Makam Datu Ri Bandang, Kota Makassar.

Monumen Korban 40.000 Jiwa, Kota Makassar

Monumen Korban 40.000 Jiwa berlokasi di Jl Langgau, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Letaknya sekitar empat kilometer sebelah utara titik nol kilometer Kota Makassar, Lapangan Karebosi.

Monumen ini berdiri di wilayah yang asri dan rapi. Tidak banyak kendaraan lalu lalang. Menempati lahan di sudut jalan. Terdiri dari beberapa bangunan, yaitu pendopo dan monumen disertai relief pada dindingnya. Di tempat inilah salah satu aksi pasukan Westerling dilakukan.

Di tempat itu, dulu merupakan tempat dibuangnya puluhan korban. Korban-korban lain dikuburkan di tempat-tempat mereka dibantai. Menyebar di beberapa daerah seperti di Kabupaten Barru, Sidrap, Enrekang, dan Kota Parepare. Lubang di monumen itu sekarang sudah tidak terlihat. Di lokasi lubang kini berdiri tembok yang melingkari monumen.

Wisata Religi di Kota Makassar

Masjid Al-Markaz Al-Islami Jenderal M. Jusuf, Kota Makassar

Berada di jalan Masjid Raya, Masjid Al Markaz Al Islami berdiri megah dan menjadi kebanggaan Masyarakat Sulawesi Selatan. Masjid ini mulai dibangun pada 8 Mei 1994 dengan memadukan gaya Masjid Al Nabawi dan Masjid Katangka di Gowa.

Dengan biaya Rp. 12 miliar, Masjid Al Markaz Al Islami menyajikan gaya arsitekturnya dengan cita rasa seni yang tinggi. Memadukan keindahan Masjid Nabawi dan beberapa corak Masjid Katangka Gowa yang merupakan Masjid tertua di Sulawesi Selatan.

Gereja Katedral, Kota Makassar

Bangunan bergaya arsitektur Eropa gothik ini sudah ada sejak tahun 1898. Gereja Katedral Makassar, adalah gereja tertua di Makassar juga diseluruh Sulawesi Selatan dan Tenggara. Gereja ini merupakan salah satu cagar budaya yang hingga kini bentuk aslinya masih dipertahankan.

Klenteng “Ma Tjo Poh” Ibu Agung Bahari

Klenteng “Ma Tjo Poh” Ibu Agung Bahari dibangun pada tahun 1738 oleh keturunan Tionghoa di Makassar bernama Kapitan Lie Lu Chang. Bergaya arsitektur China, gedung ini dibangun untuk memuja Dewi Ma Tjo Poh yang dipercaya sebagai Dewi pembawa berkah dan keselamatan di laut. kini Klenteng “Ma Tjo Poh” Ibu Agung Bahari tetap difungsikan sebagaimana awalnya.

Klenteng Xian Ma, Kota Makassar

Kelenteng Xian Ma atau biasa juga dikenal dengan nama Istana Naga Sakti merupakan sebuah tempat peribadatan umat Buddha yang terletak di Jalan Sulawesi No. 112, lebih tepatnya di tengah kawasan pecinan China Town, Makassar. Rumah ibadah ini telah ada sejak tahun 1864 dan sangat menonjolkan tampilan arsitektur Tionghoa yang megah.

Masjid Raya, Kota Makassar

Terletak di jalan Bulusaraung, Masjid Raya Makassar merupakan salah satu saksi bisu sejarah kota anging mamiri pada masa penjajahan. Dengan luas bangunan 10.500 meter persegi, masjid ini mampu menampung hingga 10 ribu jamaah. Masjid Raya Makassar sempat menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara sebab, jika digabung dengan kapasitas ruangan yang ada di luar, Masjid ini mampu menampung kurang lebih 50 ribu orang.

Masjid Amirul Mukminin, Kota Makassar


Masjid Amirul Mukminin atau yang dikenal dengan nama Masjid Terapung Makassar merupakan masjid unik lainnya yang dimiliki Kota Makassar. Masjid yang dibangun diatas laut ini berada di kawasan Pantai Losari. Keunikan Masjid Terapung adalah terdiri dari 3 lantai berdiameter 45 meter, terdapat dua kubah berdiameter 9 meter yang dibawahnya pengunjung dapat menggunakan tempat bersantai dan beristirahat dengan embusan angin pantai.

Masjid Makmur Melayu, Kota Makassar

Masjid Makmur Melayu dibangun pada abad XVII oleh keturunan Khatib Tunggal Datuk Makmur atau Datuk Ribandang. Seorang Ulama asal pantai barat Sumatera yang menyebarkan Islam di Sulawesi Selatan bersama dua rekannya, Khatib Sulung Datuk Sulaiman yang dikenal sebagai Datuk Patimang dan Syekh Nurdin Ariyani atau Datuk Di Tiro. Masjid ini dibangun di atas lokasi bekas Pesantren Khatib Tunggal Abdul Makmur.

Masjid Muhammad Cheng Hoo, Tanjung Bunga, Kota Makassar


Masjid Muhammad Cheng Hoo Tanjung Bunga Kota Makassar Photo by @om_gendu
Masjid Muhammad Cheng Hoo Tanjung Bunga Kota Makassar Photo by @om_gendu
Masjid Muhammad Cheng Hoo adalah masjid terunik yang dimiliki Makassar, masjid yang terletak di Tanjung Bunga ini ialah bentuk adanya keberadaan rakyat muslim Cina yang ada di Makassar.

Masjid yang dibangun pada tahun 2011 ini mempunyai kekhasan tersendiri daripada masjid pada umumnya. Masjid ini menggabungkan antara nuansa Timur Tengah dan Tiongkok serta juga perpaduan budaya Bugis Makassar.

Objek Wisata Lainnya di Kota Makassar

Pulau Lakkang, Kota Makassar

Pulau Lakkang adalah sebuah daratan yang merupakan delta Sungai Tallo, Kota Makassar. Disebut pulau karena diapit oleh Sungai Tallo dan Sungai Pampang. Pulau Lakkang Terbentuk karena endapan sedimen selama ratusan tahun.

Di tengah hiruk-pikuk perkembangan kota Makassar yang merupakan kota modern di Indonesia Timur, keberadaan Pulau Lakkang menjadi sebuah harmoni kehidupan sebuah desa. Dengan jalan-jalan kecil dan setapak, rumah panggung di antara kerimbunan pohon, kebun, dan tambak.

Di Pulau Lakkang juga ada obyek wisata sejarah yang patut untuk dikunjungi, yaitu bunker peninggalan Jepang.

Kawasan Kuliner Pecinan, China Town Makassar, Kota Makassar

China Town Makassar terletak di tengah Kota Makassar. Terbagi dalam dua wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Wajo dan Kecamatan Ujungpandang, Makassar, Sulawesi Selatan. Gerbang China Town hanya berjarak 400 meter dari titik nol kilometer Kota Makassar, Lapangan Karebosi.

China Town meliputi wilayah seluas 44 hekater lebih. Kawasan China Town berada di seberang Pelabuhan Makassar. Selain sebagai sebuah enclave dengan segala macam ciri khas di dalamnya, China Town memberikan sedikit sentuhan kosmopolit kepada Kota Makassar.

MakassArt Gallery - Ruang Seni Rupa Makassar, Pantai Losari, Kota Makassar


MakassArt Gallery - Ruang Seni Rupa Makassar Pantai Losari Kota Makassar Photo by @endahpeetoonk
MakassArt Gallery - Ruang Seni Rupa Makassar Pantai Losari Kota Makassar Photo by @endahpeetoonk
MakassarArt Gallery adalah tempat berkumpulnya penggiat seni rupa yang ada di Kota Makassar. Lokasinya berada di Pantai Losari. Tepatnya diantara anjungan City of Makassar dan Anjungan Bugis di Pantai Losari.

MakassarArt Gallery memiliki 5 ruangan didalamnya, dan satu diantaranya merupakan sebuah gudang yang berisi lukisan-lukisan. Setiap dinding di dalam  MakassarArt Gallery terpajang lukisan-lukisan yang indah. Bahkan di dalam toiletnya pun, beberapa koleksi lukisan terpajang di sana.

COMMENTS

Loading...
Name

407 Makassar,1,Aneka Wisata,14,Barru,5,Berita,16,Bone,2,Bulukumba,11,destinasi wisata,1,Enrekang,1,Event,19,Event April 2015,1,Event Desember 2014,3,Event Januari 2015,1,Event Maret 2015,3,Event Mei 2015,3,Event Oktober 2014,1,Event September 2015,1,Foto,4,Galesong,3,Gowa,15,Hotel,4,industri kreatif makassar,1,Jeneponto,2,Kuliner,1,Lingkar Kreatif,2,Luwu Timur,6,Luwu Utara,2,Makassar,46,Maros,8,Pangkep,10,Parepare,3,Permainan Tradisional,1,Persona,1,Promo,1,Sejarah,1,Selayar,9,Sinjai,5,Soppeng,2,Sorowako,1,Sosial Budaya,1,Sunset,1,Takalar,6,Tana Toraja,4,Tarian,1,Tips Wisata,60,Toraja,3,Toraja Utara,1,umkm,1,Wajo,1,Wisata,142,Wisata Alam,44,Wisata Bahari,33,Wisata Budaya,17,Wisata Kuliner,23,Wisata Lainnya,4,Wisata Magis,3,Wisata Pantai,2,Wisata Religi,7,Wisata Sejarah,20,Wista,2,
ltr
item
Makassar Guide - Panduan Wisata Sulawesi Selatan: Destinasi Wisata Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Destinasi Wisata Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Kota Makassar memiliki objek wisata menarik yang menjadi destinasi tujuan wisata di Sulawesi Selatan. Berikut ini rangkuman destinasi wisata Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
https://3.bp.blogspot.com/-dmSF-ri8wNg/WKvx0SYP9gI/AAAAAAAACCQ/YH3lIwl9eTgqeJY96cmjjQotq_a7zY7rQCLcB/s400/Pulau%2Blanjukang%2BKota%2BMakassar%2BPhoto%2Bby%2B%2540dani_sang_petualang_liar.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-dmSF-ri8wNg/WKvx0SYP9gI/AAAAAAAACCQ/YH3lIwl9eTgqeJY96cmjjQotq_a7zY7rQCLcB/s72-c/Pulau%2Blanjukang%2BKota%2BMakassar%2BPhoto%2Bby%2B%2540dani_sang_petualang_liar.jpg
Makassar Guide - Panduan Wisata Sulawesi Selatan
https://www.makassarguide.com/2018/02/destinasi-wisata-kota-makassar-sulawesi-selatan.html
https://www.makassarguide.com/
https://www.makassarguide.com/
https://www.makassarguide.com/2018/02/destinasi-wisata-kota-makassar-sulawesi-selatan.html
true
8219378423129597879
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy