5 Puncak Gunung Terindah di Sulawesi Selatan

SHARE:

1.Puncak Gunung Bawakaraeng, Puncak Terdingin di Sulawesi Selatan Gunung Bawakaraeng berada di wilayah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan...

1.Puncak Gunung Bawakaraeng, Puncak Terdingin di Sulawesi Selatan


Gunung Bawakaraeng berada di wilayah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Di lereng gunung ini terdapat wilayah ketinggian, Malino, tempat wisata terkenal di Sulawesi Selatan. Secara ekologis gunung ini memiliki posisi penting karena menjadi sumber penyimpan air untuk Kabupaten Gowa, Kota Makassar, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Bulukumba dan Kabupaten Sinjai.

Bawakaraeng bagi masyarakat sekitar memiliki arti sendiri. Bawa artinya Mulut, Karaeng artinya Tuhan. Jadi Gunung Bawakaraeng diartikan sebagai Gunung Mulut Tuhan.Penganut sinkretisme di wilayah sekitar gunung ini meyakini Gunung Bawakaraeng sebagai tempat pertemuan para wali. Para penganut keyakinan ini juga menjalankan ibadah haji di puncak Gunung Bawakaraeng setiap musim haji atau bulan Zulhijjah, bersamaan dengan pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci. Tepat tanggal 10 Zulhijjah, mereka melakukan salat Idul Adha di puncak Gunung Bawakaraeng.

Pada tanggal 26 Mei 2004, terjadi tragedi longsor di kaki Gunung Bawakaraeng, tepatnya di Kecamatan Tinggimoncong. Musibah longsor ini menewaskan 30 warga dan menimbum ribuan areal sawah dan perkebunan.

Eks wilayah longsor tersebut mengakibatkan daerah aliran sungai (DAS) menjadi labil. Setiap musim hujan, lumpur di kaki Gunung Bawakaraeng mengalir masuk ke Bendungan Bilibili, bedungan terbesar di Sulawesi Selatan yang ada di Kabupaten Gowa, yang menjadi sumber air baku di Gowa dan Makassar. Lumpur juga mengalir masuk ke Sungai Jeneberang, sungai terbesar di Gowa yang membelah Sungguminasa ibukota Kabupaten Gowa serta membendung Kota Makassar di wilayah selatan.

Gunung yang tingginya sekitar 2.705 meter dari permukaan laut ini juga menjadi arena pendakian. Namun, sudah banyak menelan korban akibat mati kedinginan bila mendaki pada musim hujan



2.Puncak Rantemario-G.Latimojong, Puncak Tertinggi di Sulawesi Selatan


Pegunungan Latimojong yang berada di kabupaten Enrekang propinsi Sulawesi Selatan ini bertipe non-vulcanology dan mempunyai banyak sekali puncak-puncak dan tiga diantaranya adalah merupakan puncak tertinggi di Sulawesi yaitu Buntu (puncak) Rante Mario 3.478 m d.p.l, Buntu Nenemori 3.397 m d.p.l, Buntu Rante Kambola 3.083 m d.p.l. Puncak tertinggi Rante Mario berada pada koordinat 120°01'30" BT - 03°23'01" LS.

Di puncak G.Rantemario terdapat tiang tanggulasi terbuat dari beton buatan mapala 45 makassar, sebagai tanda atau tugu dari puncak tersebut.


3. Puncak Gunung Balease, Puncak Tersulit di Sulawesi Selatan


Puncak Gunung Baliase berada pada ketinggian 2894 mdpl.

Gunung baliase berada pada desa bantimurung bone-bone kabupaten luwu utara sulawesi selatan, gunung ini terletak di pegunungan yang terbentang dari bone-bone ke masamba dengan ketinggian 2894 mdpl, akan tetapi kita harus melalui gunung tolangi dengan ketinggian 3016 mdpl.di sinilah para pendaki sering salah sangkah mengira puncak tolangi adalah puncak baliase padahal kita mesti berjalan lagi sekitar 3 jam dan melewati beberapa gunung dan lembah .

Alasan itulah kenapa puncak Balease dikatakan puncak tersulit di SULSEL, itu di karenakan harus melewati puncak Tolangi dimana pada jalur pendakian ini masih di penuhi hutan dengan vegetasi padat, dan pada jalur pndakian yang curam dan sulitnya sumber air sepanjang jalur ini.


4.Puncak Gunung Sesean, Puncak Termudah di Sulawesi Selatan


Gunung sesean berada di ketinggian 2100 mdpl Terletak di kabupaten tanah toraja Sulawesi selatan, Ini adalah salah satu gunung yang paling sering dikunjungi oleh para pendaki, karena hanya butuh beberapa jam kira-kira 4jam untuk sampai di puncaknya. Terdapat 9 pos sampai di puncaknya.gunung ini juga sering dijadikan tempat piknik keluarga karna gunung ini sangat terbuka dan sangat jarang ditumbuhi oleh pepohonan, hall ini dis ebabkan karna gunung sesean pernah terjadi kebakaran hutan yang hampir menggabiskan 1/8 dari gunung. Gunung ini sangat menarik hati para pendaki karna dari atas puncak dapat melihat seluruh kab. Tanah toraja apabila cuaca sedang baik.


5. Puncak Gunung Bambapuang, Puncak Gunung Batu terindah di Sulawesi Selatan


Gunung Bambapuang terdapat di ketinggian 1021 mdpl terletak di Dusun Kotu, Desa Bambapuang, Kec. Anggeraja, Kab. Enrekang sulawesi selatan, sedangkan arti kata dari bambapuang adalah tangga tuhan (menurut yang saya ketahui) sebenarnya Bambapuang tidak terlalu dikenal dikalangan Mountin Climbing tetapi terkenal dengan tebing Bambapung, tebing Bambapung sering dijadikan lokasi latihan, Ajang Lomba dan lain-lain sebagainya. Tebing Bambapuang adalah tebing tertinggi di Sulawesi Selatan tetapi Bambapuang juga dapat di daki oleh para pendaki dari arah belakang tebing yaitu sebelah barat. Dan di puncak gunung Bambapuang terdapat tiang tanggulasi terbuat batu berupa kerucut.

COMMENTS

Name

407 Makassar,1,Aneka Wisata,18,Artikel,10,Bantaeng,1,Barru,7,Berita,22,Bone,3,Bulukumba,12,destinasi wisata,1,Enrekang,2,Event,19,Event April 2015,1,Event Desember 2014,3,Event Januari 2015,1,Event Maret 2015,3,Event Mei 2015,3,Event Oktober 2014,1,Event September 2015,1,Foto,4,Galesong,3,Gowa,17,Hotel,4,industri kreatif makassar,2,Jeneponto,2,Kuliner,2,Lingkar Kreatif,3,Luwu,1,Luwu Timur,7,Luwu Utara,3,Makassar,47,makassar kreatif,4,Maros,9,Palopo,1,Pangkep,11,Parepare,4,Permainan Tradisional,1,Persona,1,Pinrang,1,Promo,1,Sejarah,1,Selayar,10,Sidrap,1,Sinjai,6,Soppeng,3,Sorowako,1,Sosial Budaya,1,Sunset,1,Takalar,6,Tana Toraja,4,Tarian,1,Tips,4,Tips Wisata,63,Toraja,3,Toraja Utara,1,umkm,1,Wajo,2,Wisata,151,Wisata Alam,49,Wisata Bahari,34,Wisata Budaya,17,Wisata Kuliner,23,Wisata Lainnya,4,Wisata Magis,3,Wisata Pantai,3,Wisata Religi,7,Wisata Sejarah,20,Wista,2,
ltr
item
Makassar Guide - Panduan Wisata Sulawesi Selatan: 5 Puncak Gunung Terindah di Sulawesi Selatan
5 Puncak Gunung Terindah di Sulawesi Selatan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiuVipw31BhauzNCH1rmMHKPGLplpBayfZaIx-S_sGjECh7gXv8qMtdM_G4atv9BlaIjToJKhHfdwSfTEzUqt9jCEKYJP5Oxy30pcpaETsoJkV-JAg03U-E0wHiUzfcOC2DGXLkmoV42-YM/s400/IMG_4637.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiuVipw31BhauzNCH1rmMHKPGLplpBayfZaIx-S_sGjECh7gXv8qMtdM_G4atv9BlaIjToJKhHfdwSfTEzUqt9jCEKYJP5Oxy30pcpaETsoJkV-JAg03U-E0wHiUzfcOC2DGXLkmoV42-YM/s72-c/IMG_4637.JPG
Makassar Guide - Panduan Wisata Sulawesi Selatan
https://www.makassarguide.com/2015/06/5-puncak-gunung-terindah-di-sulawesi.html
https://www.makassarguide.com/
https://www.makassarguide.com/
https://www.makassarguide.com/2015/06/5-puncak-gunung-terindah-di-sulawesi.html
true
8219378423129597879
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content