12 Tempat Wisata Malino Yang Unik Dan Layak Dikunjungi

SHARE:

Malino adalah nama tempat di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan yang memiliki banyak tempat wisata unik dan menarik untuk dijelajahi. Ada apa saja? Cek postingan berikut!

12 Tempat Wisata Malino Yang Unik Dan Layak Dikunjungi
photo by anachenyiru
Kemungkinan besar, orang Indonesia dan komunitas global tidak tahu di mana Malino berada, bahkan nama Malino adalah yang pertama kali mereka dengar. Itulah sebabnya saat ini lokasi keberadaannya dan berbagai hal wisata yang ada di sana akan dibahas secara mendalam.

Malino adalah nama tempat (Kelurahan) yang terletak di Pulau Sulawesi, Provinsi Sulawesi Selatan, di Kabupaten Goa, Kecamatan Tinggimoncong, yang terletak di dataran tinggi (750 meter di atas permukaan laut). Jarak antara Makassar (ibukota Sulawesi Selatan) dan Malino adalah antara 90 km.

Meskipun tidak luas, Malino memiliki potensi wisata yang luar biasa. Banyak tempat wisata menarik untuk dijelajahi dari tempat ini. Di bawah ini adalah daerah wisata unik di Malino yang tidak banyak dikenal oleh wisatawan lokal dan asing:

Malino Highlands

Aneka Wisata, Gowa, Wisata, Wisata Alam, Malino
Malino Highlands
Photo by doni_darwin

Sebelum digunakan sebagai tujuan wisata seperti sekarang, Malino Highlands sebelumnya merupakan area luas perkebunan teh, sekitar 900 hektar. Setelah beberapa tahun, perkebunan teh telah menjadi tempat umum, yang berarti bahwa wisatawan dapat mengunjunginya.

Objek wisata ini terletak di atas, dengan ketinggian 1.299 meter di atas permukaan laut. Tidak heran udara di sekitar tempat ini sangat sejuk. Suhu di Malino Highlands akan menjadi lebih dingin, mencapai sepuluh derajat Celcius jika Anda memasuki musim hujan.

Sejauh mata memandang, pengunjung akan menikmati keindahan kebun teh. Tidak hanya itu, air terjun yang mengalir dan taman binatang kecil juga dapat dinikmati di sekitar perkebunan teh. Jika Anda ingin bersantai sambil menikmati makanan dan minuman, Green Peko Cafe adalah tempat yang layak untuk dikunjungi.

Selain menikmati keindahan kebun teh dan air terjun serta melihat kebun binatang, ada kegiatan lain yang bisa dilakukan di tempat ini, dalam bentuk kegiatan yang menantang adrenalin, seperti trampolin, paralayang dan bungee jumping. Bagi mereka yang memiliki hobi bersepeda, mereka dapat melakukannya di sini pada saat yang sama setelah jogging. Tiket sebesar Rs 50.000 akan dibebankan kepada pengunjung yang datang.

Air terjun Takapala

Aneka Wisata, Gowa, Wisata, Wisata Alam, Malino
Air terjun Takapala
Photo by andimariaulva

Udara segar bisa langsung dirasakan para pengunjung yang datang ke tempat ini. Ini karena air terjun Takapala berada di ketinggian 900 hingga 1500 meter di atas permukaan laut. Kaki Gunung Bawakaraeng adalah situs Air Terjun Takapala.

Jika kita beruntung, terkadang kita bisa melihat pelangi dari bawah air terjun. Ada sesuatu yang unik di tempat wisata ini, yaitu gua di belakang air terjun. Jika kita ingin melihatnya, kita harus memasuki tirai air terjun.

Hutan pinus Malino


Jika Anda ingin sampai ke tempat ini, Anda harus menempuh perjalanan darat dari Kota Makassar selama sekitar tiga jam. Hutan Pinus Malino adalah hutan tempat pohon pinus yang sangat subur tumbuh. Hutan pinus yang subur di antara lembah dan bukit-bukit di sekitar Malino menghadirkan keindahannya sendiri. Kita bisa menikmati hiking di hutan pinus atau berkuda. Sistem ini disewakan, dengan biaya 10.000 hingga 20.000 rupiah, dan kita sudah dapat mengelilingi hutan pinus di Malino.

Lembah Biru


Pegunungan dan hutan pinus adalah dua hal yang mengelilingi Lembah Biru, sehingga tidak mengherankan jika membawa parade alami yang tidak biasa. Untuk mencapai Lembah Biru, jika Anda meninggalkan kota Makassar, perjalanan ini akan membutuhkan sekitar 80 kilometer waktu perjalanan Anda dengan jalan darat.

Kolam renang dan berbagai permainan seperti helium stick, water tower, titanic dan spider dapat dinikmati di lembah ini. Pengunjung juga dapat melihat kebun buah dan sayuran yang dimiliki oleh penduduk setempat. Mereka yang mengunjungi tempat-tempat wisata ini harus membayar tiket 20.000 rupiah.

Taman Anggrek Malino

Aneka Wisata, Gowa, Wisata, Wisata Alam, Malino
Taman Anggrek Malino
photo by paramythahasrum


Karena Malino terletak di dataran tinggi, menjadikannya tempat yang subur, maka dapat dibudidayakan dengan berbagai tanaman, salah satunya adalah anggrek. Beberapa jenis anggrek tumbuh subur dan indah di tempat ini. Anggrek dipilih sebagai salah satu tanaman (bunga) yang dibudidayakan di sini dengan tujuan menjaga kelestariannya.

Petani lokal yang menanam anggrek sebagai mata pencaharian mereka bisa mendapatkan bantuan pemasaran atau penjualan. Grammatophyllum, Coelegyne Celebensis dan Vanda Celebica adalah tiga jenis anggrek yang dapat ditemukan ketika mengunjungi Taman Anggrek di Malino.

Lembah Hijau Camp

Aneka Wisata, Gowa, Wisata, Wisata Alam, Malino
Lembah Hijau Camp
photo by lembah_hijau_camp

Bagi yang gemar berkemah, tempat ini menyediakan tenda tempat mereka bisa bermalam sambil menikmati udara dingin Malino. Juga naik sepeda yang dapat Anda coba untuk menyelesaikan liburan Anda. Bagi mereka yang mencintai swafoto, mereka tidak perlu khawatir, karena di Lembah Malino yang hijau, setiap sudut adalah tempat yang menyenangkan untuk berfoto selfie.

Kebun stroberi

Aneka Wisata, Gowa, Wisata, Wisata Alam, Malino
Kebun stroberi malino
photo by pajokka_lincah

Tidak sulit untuk menemukan Kebun Strawberry Malino. Cuaca dingin memudahkan pertumbuhan tanaman stroberi. Jika Anda ingin mencoba memetik stroberi langsung dari pohonnya, Anda bisa memetik buahnya yang sudah berwarna merah.

Gunung Gamping


Malino terkenal dengan pegunungan yang kaya akan batu kapur. Jadi kita bisa melihat pemandangan Gunung Gamping. Selain itu, Malino juga memiliki banyak tanaman tropis yang sangat indah yang tumbuh dan juga berkembang di daerah dingin dan sejuk.

Selain kaya akan tanaman tropis yang indah, Malino juga dikenal sebagai penghasil buah-buahan dan sayuran yang tumbuh di lereng Gunung Bawakaraeng.

Air Terjun Parang Bugisi


Selain Air Terjun Tapakala, di Malino ada juga air terjun lainnya, yaitu Air Terjun Parang Bugisi. Air Terjun Parang Bugisi adalah salah satu air terjun yang berbeda di tengah kawasan hutan Malino. Air Terjun Parang Bugisi adalah air terjun dengan ketinggian yang sangat tinggi.

Air Terjun Parang Bugisi terletak di area hijau, dikelilingi oleh hutan. Selain itu, di bawah air terjun ini kita dapat menemukan sungai yang mengalir dengan banyak batu, sehingga akan menyenangkan untuk tinggal di air terjun ini sambil bersantai dan menikmati keindahan air terjun ini.

Air Terjun Lembana


Air terjun selanjutnya yang bisa kita temukan di Malino adalah air terjun Lembanna. Air Terjun Lembanna juga berada di lingkungan yang indah dan hijau seperti kebanyakan air terjun. Air terjun ini juga berada di tengah hutan. Bedanya dengan air terjun Parang Bugisi, air terjun Lembanna lebih tinggi, tetapi alirannya tidak cepat dan tidak akan membahayakan Anda.

Air Terjun Lembana juga mengandung air yang terbagi menjadi dua bagian sehingga terlihat unik dan menjadi daya tarik tersendiri dari air terjun ini dan membuat banyak wisatawan yang ingin mengunjungi tempat wisata Air Terjun Lembanna ini.

Air Terjun Biroro


Yang berikutnya adalah Air Terjun Biroro. Sama dengan air terjun lainnya, Air Terjun Biroro berada di tengah hutan. Aliran air terjun ini cepat tapi segar jika kita bermain-main.

Air terjun ini juga merupakan air terjun yang bukan tanpa pengunjung sama sekali karena air terjun ini memiliki keindahan yang sama dengan air terjun lainnya, ada pepohonan yang rindang dan pemandangan yang indah jika dilihat dari atas air terjun dan merupakan tempat yang cocok untuk berfoto selfie.

Air Terjun Biroro ini sangat cocok untuk menghabiskan liburan Anda bersama teman, keluarga, dan pacar. Anda wajib mengunjungi Air Terjun Biroro, yang merupakan tempat yang cocok untuk anak muda.

Gua Jepang


Di Malino Ternyata ada juga tempat wisata berupa gua. Gua ini adalah gua peninggalan Jepang yang sering dikenal sebagai gua Jepang. Tidak seperti kebanyakan gua, gua di Jepang ini jika dilihat dari luar tampak seperti lubang horizontal yang dikelilingi oleh tanah.

Jika sebagian besar gua yang kita temukan dikelilingi oleh batu kapur padat yang kaya akan stalagmit dan batu tajam, maka tidak demikian halnya dengan gua Jepang ini. Goa Jepang memiliki ukuran lebih kecil dari kebanyakan gua. Lebar dan tinggi gua ini juga lebih kecil dari sebagian besar gua.

COMMENTS

Name

407 Makassar,1,Aneka Wisata,18,Artikel,6,Bantaeng,1,Barru,7,Berita,20,Bone,3,Bulukumba,12,destinasi wisata,1,Enrekang,2,Event,19,Event April 2015,1,Event Desember 2014,3,Event Januari 2015,1,Event Maret 2015,3,Event Mei 2015,3,Event Oktober 2014,1,Event September 2015,1,Foto,4,Galesong,3,Gowa,16,Hotel,4,industri kreatif makassar,2,Jeneponto,2,Kuliner,2,Lingkar Kreatif,3,Luwu,1,Luwu Timur,7,Luwu Utara,3,Makassar,47,makassar kreatif,4,Maros,9,Palopo,1,Pangkep,11,Parepare,4,Permainan Tradisional,1,Persona,1,Pinrang,1,Promo,1,Sejarah,1,Selayar,10,Sidrap,1,Sinjai,6,Soppeng,3,Sorowako,1,Sosial Budaya,1,Sunset,1,Takalar,6,Tana Toraja,4,Tarian,1,Tips,4,Tips Wisata,63,Toraja,3,Toraja Utara,1,umkm,1,Wajo,2,Wisata,150,Wisata Alam,48,Wisata Bahari,34,Wisata Budaya,17,Wisata Kuliner,23,Wisata Lainnya,4,Wisata Magis,3,Wisata Pantai,3,Wisata Religi,7,Wisata Sejarah,20,Wista,2,
ltr
item
Makassar Guide - Panduan Wisata Sulawesi Selatan: 12 Tempat Wisata Malino Yang Unik Dan Layak Dikunjungi
12 Tempat Wisata Malino Yang Unik Dan Layak Dikunjungi
Malino adalah nama tempat di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan yang memiliki banyak tempat wisata unik dan menarik untuk dijelajahi. Ada apa saja? Cek postingan berikut!
https://1.bp.blogspot.com/-rU2_W3_UV44/XmIPmOrs4fI/AAAAAAAAC2k/g6QqWqnHkZk0vtXzt7j4nWkEkCYbhQPFACNcBGAsYHQ/s320/12%2BTempat%2BWisata%2BMalino%2BYang%2BUnik%2BDan%2BLayak%2BDikunjungi.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-rU2_W3_UV44/XmIPmOrs4fI/AAAAAAAAC2k/g6QqWqnHkZk0vtXzt7j4nWkEkCYbhQPFACNcBGAsYHQ/s72-c/12%2BTempat%2BWisata%2BMalino%2BYang%2BUnik%2BDan%2BLayak%2BDikunjungi.jpg
Makassar Guide - Panduan Wisata Sulawesi Selatan
https://www.makassarguide.com/2020/03/tempat-wisata-unik-malino-layak-dikunjungi.html
https://www.makassarguide.com/
https://www.makassarguide.com/
https://www.makassarguide.com/2020/03/tempat-wisata-unik-malino-layak-dikunjungi.html
true
8219378423129597879
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content