Ayo ke Benteng Penyu!

SHARE:

Anda bisa menyaksikan pemandangan matahari tenggelam yang indah. Di sebelah, utara, timur, dan selatan benteng; Anda bisa melihat keindahan pemandangan Kota Makassar yang menakjubkan.


Masyarakat Kota Makassar pasti mengenal dua tempat wisata yang saling berdekatan ini, yaitu Pantai Losari dan Benteng Fort Rotterdam. Fort Rotterdam adalah salah satu objek wisata terkenal dan berada

Anda bisa menyaksikan pemandangan matahari tenggelam yang indah. Di sebelah, utara, timur, dan selatan benteng; Anda bisa melihat keindahan pemandangan Kota Makassar yang menakjubkan.

Fort Rotterdam memiliki pesona sejarah yang kuat dan menjadi destinasi wisata bagi pelancong local, domestik, maupun mancanegara. Benteng peninggalan sejarah Kesultanan Gowa itu dikenal sebagai markas pasukan katak Kerajaan Gowa.

Fort Rotterdam memiliki luas sekitar 3 hektare (ha), berbentuk lima sudut seperti penyu. Tinggi tembok bervariasi, antara 5-7 meter dengan tebal 2 meter. Dulu Fort Rotterdam bernama Benteng Panyua atau Penyu.

Disebut demikian karena bangunan tua nan megah ini yang berdiri sekitar 1545 ini jika dilihat dari atas, bentuknya seperti penyu. Dalam filosofinya, penyu bisa hidup di daratan dan lautan. Karena itu, filosofi itu menjadi suatu simbol Kerajaan Gowa yang bisa berjaya baik di daratan maupun lautan.

Sebelumnya, Fort Rotterdam dikenal sebagai Benteng Ujung Pandang. Benteng itu dibangun Raja Gowa IX, Daeng Matanre Karang Manguntungi Tumaparisi Kallonna; kemudian diselesaikan putranya, yakni Raja Gowa X, I Manriwa Gau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tunapallangga Ulaweng pada 1545.

Awalnya, benteng itu berbahan dasar tanah liat. Namun, Raja Gowa ke-14, Sultan Alauddin, mengganti bahan konstruksi benteng ini dengan batu padas yang berasal dari pegunungan karst di daerah Maros.

Para pengunjung dapat mengetahui perjalanan sejarah dan melihat secara dekat benda-benda peninggalan zaman dahulu. Di sinilah semua peninggalan kerajaan tertata rapi dalam etalase kaca. Ada dua museum dalam benteng itu, yaitu I Lagaligo Sejarah dan I Lagaligo Budaya.

Pengunjung pun dapat melihat tempat penahanan Pangeran Diponegoro pada zaman penjajahan Belanda. Sebelumnya, Pangeran Diponegoro ditangkap dan dibuang ke Manado. Tahun 1834, VOC memindahkannya ke Fort Rotterdam. Ia seorang diri ditempatkan dalam sebuah sel penjara yang berdinding melengkung dan amat kokoh. Di ruang itu, ia ditemani peralatan salat, Alquran, dan tempat tidur.

Fort Rotterdam merupakan bangunan berarsitektur Portugis yang pada masa awal terdiri atas bangunan bertiang tinggi khas tradisional Makassar. Dalam perkembangannya, desain berganti menjadi bangunan bergaya Eropa atau gotik.

Nama Fort Rotterdam mencuat setelah Belanda atau Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC) kala itu memenangi perang dan mengalahkan Kerajaan Gowa. Fort Rotterdam merupakan nama yang didedikasikan untuk menghargai Jenderal VOC, Cornelis Speelman. yang lahir di Kota Rotterdam, Belanda. VOC memfungsikan benteng itu sebagai gudang rempah-rempah untuk Indonesia di bagian timur.

Dalam Fort Rotterdam, ada 13 bangunan masih berdiri kokoh dengan taman hijau yang bisa dijadikan tempat berpose, bersantai, dan biasa dijadikan tempat berkumpulnya komunitas dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan. Usai kemerdekaan RI, benteng itu menjadi pusat pertahanan TNI dan berubah menjadi pusat budaya Sulawesi Selatan pada 1974, terutama sebagai sarana wisata budaya dan pendidikan.

COMMENTS

Loading...
Name

407 Makassar,1,Aneka Wisata,14,Barru,5,Berita,16,Bone,2,Bulukumba,11,destinasi wisata,1,Enrekang,1,Event,19,Event April 2015,1,Event Desember 2014,3,Event Januari 2015,1,Event Maret 2015,3,Event Mei 2015,3,Event Oktober 2014,1,Event September 2015,1,Foto,4,Galesong,3,Gowa,15,Hotel,4,industri kreatif makassar,1,Jeneponto,2,Kuliner,1,Lingkar Kreatif,2,Luwu Timur,6,Luwu Utara,2,Makassar,46,Maros,8,Pangkep,10,Parepare,3,Permainan Tradisional,1,Persona,1,Promo,1,Sejarah,1,Selayar,9,Sinjai,5,Soppeng,2,Sorowako,1,Sosial Budaya,1,Sunset,1,Takalar,6,Tana Toraja,4,Tarian,1,Tips Wisata,60,Toraja,3,Toraja Utara,1,umkm,1,Wajo,1,Wisata,142,Wisata Alam,44,Wisata Bahari,33,Wisata Budaya,17,Wisata Kuliner,23,Wisata Lainnya,4,Wisata Magis,3,Wisata Pantai,2,Wisata Religi,7,Wisata Sejarah,20,Wista,2,
ltr
item
Makassar Guide - Panduan Wisata Sulawesi Selatan: Ayo ke Benteng Penyu!
Ayo ke Benteng Penyu!
Anda bisa menyaksikan pemandangan matahari tenggelam yang indah. Di sebelah, utara, timur, dan selatan benteng; Anda bisa melihat keindahan pemandangan Kota Makassar yang menakjubkan.
http://3.bp.blogspot.com/-ksJdVt-EBdk/VktEgCILL2I/AAAAAAAABdM/iK-39oJJwFc/s640/Ayo%2Bke%2BBenteng%2BPenyu.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-ksJdVt-EBdk/VktEgCILL2I/AAAAAAAABdM/iK-39oJJwFc/s72-c/Ayo%2Bke%2BBenteng%2BPenyu.jpg
Makassar Guide - Panduan Wisata Sulawesi Selatan
https://www.makassarguide.com/2015/11/ayo-ke-benteng-penyu.html
https://www.makassarguide.com/
https://www.makassarguide.com/
https://www.makassarguide.com/2015/11/ayo-ke-benteng-penyu.html
true
8219378423129597879
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy