Jejak Masa Silam Sinjai di Benteng Balangnipa

SHARE:

Jika di Makassar ada Benteng Rotterdam dan Somba Opu, di kabupaten Sinjai ada Benteng Balangnipa yang merupakan salah satu benteng terbes...


Jika di Makassar ada Benteng Rotterdam dan Somba Opu, di kabupaten Sinjai ada Benteng Balangnipa yang merupakan salah satu benteng terbesar di Sulawesi Selatan, dan menjadi bukti sejarah dan rekam jejak masa lalu.

Kemegahan dan kekokohan Benteng Balangnipa dimulai sejak awal abad XVI sekitar tahun 1557 oleh KerajaanTellulimpoe (Lamatti,Tondong,Bulo-bulo) yang pada awal pembangunannya hanya terbuat dari batu Gunung yang ditempel dengan lumpur dari Sungai Tangka. Bentuk dan struktur bangunan Benteng yang menghadap ke utara dimana melintang Sungai Tangka yang bermuara antara Teluk Bone dengan pusat Kota Sinjai.

Pada akhirnya benteng ini pun turut merasakan dentuman meriam penjajah Belanda dalam sejarah perjuangan  terbesar yang dikenal dengan nama Rumpa’na Mangngara Bombang yang terjadi pada tahun 1859-1961. Karena kekuatan dan peralatan perang KerajaanTellulimpoe tidak sebanding dengan yang dimiliki oleh Belanda, Benteng Balangnipa akhirnya berhasil direbut oleh pasukan Belanda.

Jika berkunjung ke tempat ini pengunjung bisa mendapatkan gambaran tentang sejarah kedatangan Belanda di Sulawesi Selatan. Terlebih lagi beberapa bukti sejarah yang masih tersimpan seperti meriam, peralatan makan, gudang penyimpanan senjata, atau ruang para prajurit menjadi daya tarik yang jarang bisa ditemukan di tempat lain. Maka tak heran jika Benteng Balangnipa kerap dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Aroma Mistik

Sekilas benteng ini juga memiliki berbagai macam misteri dengan kerapnya terdengar rintihan tangisan serta tabuhan gendang perang serta suara ringkikan kuda. Namun selain itu, juga konon yang sering muncul adalah suara mahluk yang menyerupai pasukan sedang melakukan aktivitas baris berbaris.

Kendati suasana mistik sangat nampak jika berada di dalam benteng ini, namun sejumlah pengunjung mengaku tetap menyukai benteng ini. Mereka umumnya datang berkunjung sekedar untuk melepas penat bersama keluarga dan selebihnya datang untuk menyaksikan sejumlah bangunan kuno ini.

Berlama-lama di tempat ini sambil memperhatikan setiap sudutnya memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung. Bukan lagi musuh yang akan dilihat dengan berada di tempat bersejarah ini, melainkan perasaan lepas dan perjalanan kilas balik pada tempo doeloe.

Benteng Balangnipa yang terletak di Kelurahan Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan masih kokoh berdiri tegak dan telah menjadi obyek daya tarik wisata dengan keindahan taman, spesies burung seriti yang ribuan mengelilinginya serta dijadikannya sarana pertunjukan hiburan bagi masyarakat dengan seni, budaya dan penelitian.

Pada tahun 1864 – 1868 Benteng ini pun kembali dibangun oleh Belanda dengan sentuhan arsitektur khas Eropa yang hingga kini bangunannya masih tetap bertahan.

Memasuki benteng ini seperti membawa alam pikiran ke masa lalu, Apalagi model dan material dalam bangunan benteng tersebut masih asli sehingga pengunjung bisa benar-benar merasakan jaman Belanda.

COMMENTS

Name

407 Makassar,1,Aneka Wisata,14,Artikel,2,Barru,5,Berita,18,Bone,2,Bulukumba,11,destinasi wisata,1,Enrekang,1,Event,19,Event April 2015,1,Event Desember 2014,3,Event Januari 2015,1,Event Maret 2015,3,Event Mei 2015,3,Event Oktober 2014,1,Event September 2015,1,Foto,4,Galesong,3,Gowa,15,Hotel,4,industri kreatif makassar,1,Jeneponto,2,Kuliner,1,Lingkar Kreatif,2,Luwu Timur,6,Luwu Utara,2,Makassar,46,Maros,8,Pangkep,10,Parepare,3,Permainan Tradisional,1,Persona,1,Promo,1,Sejarah,1,Selayar,9,Sinjai,5,Soppeng,2,Sorowako,1,Sosial Budaya,1,Sunset,1,Takalar,6,Tana Toraja,4,Tarian,1,Tips,2,Tips Wisata,60,Toraja,3,Toraja Utara,1,umkm,1,Wajo,1,Wisata,142,Wisata Alam,44,Wisata Bahari,33,Wisata Budaya,17,Wisata Kuliner,23,Wisata Lainnya,4,Wisata Magis,3,Wisata Pantai,2,Wisata Religi,7,Wisata Sejarah,20,Wista,2,
ltr
item
Makassar Guide - Panduan Wisata Sulawesi Selatan: Jejak Masa Silam Sinjai di Benteng Balangnipa
Jejak Masa Silam Sinjai di Benteng Balangnipa
http://3.bp.blogspot.com/-Up5D3INBJRw/VSlsajK40wI/AAAAAAAABMc/kHiWrAsCeQA/s1600/Jejak%2BMasa%2BSilam%2BSinjai%2Bdi%2BBenteng%2BBalangnipa.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-Up5D3INBJRw/VSlsajK40wI/AAAAAAAABMc/kHiWrAsCeQA/s72-c/Jejak%2BMasa%2BSilam%2BSinjai%2Bdi%2BBenteng%2BBalangnipa.jpg
Makassar Guide - Panduan Wisata Sulawesi Selatan
https://www.makassarguide.com/2015/04/jejak-masa-silam-sinjai-di-benteng.html
https://www.makassarguide.com/
https://www.makassarguide.com/
https://www.makassarguide.com/2015/04/jejak-masa-silam-sinjai-di-benteng.html
true
8219378423129597879
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy