Ragam Oleh-oleh khas Makassar

SHARE:

Makassar tidak hanya dikenal dengan pemandangan serta gugusan pulau yang indah, namun juga oleh-oleh yang beraneka macam. Oleh-oleh ini ...



Makassar tidak hanya dikenal dengan pemandangan serta gugusan pulau yang indah, namun juga oleh-oleh yang beraneka macam. Oleh-oleh ini bisa berupa sovenir yang berbentuk kerajinan khas ataupun makanan yang bisa dibawa pulang untuk para kerabat.

Jika Anda seorang yang menyukai kerajinan tangan, cobalah untuk membeli songkok to Bone (artinya songkok orang Bone). Songkok khas Bugis ini disebut dengan songkok recca. Harganya bervariasi mulai dari Rp. 80 ribu hingga puluhan juta. Songkok yang harganya hingga jutaan itu biasanya terbuat dari emas yang lebur menjadi benang emas dan dijadikan aksen untuk mempercantik songkok khas Bugis tersebut.

Kerajinan lain yang tak kalah menarik adalah sutera sengkang dan sarung mandar. Sutera sengkang adalah hasil tenunan handmade tradisional dari daerah Sengkang –Wajo. Ciri khas kain jenis ini adalah motifnya yang bergaris-garis dengan warna yang cerah. Harganya sekitar Rp. 30 ribu – Rp. 900 ribu per meter. Perbedaan antara sutera sengkang dengan sarung mandar adalah motifnya. Sarung tenun khas mandar yang diproduksi dengan cara manual itu memiliki motif kotak-kotak. Harganya mulai dari Rp. 150 ribu – Rp. 250 ribu.

Makassar juga terkenal dengan ukiran Toraja-nya. Produk ini dijual dalam berbagai bentuk. Beberapa diantaranya sangat cocok untuk pajangan rumah alias benda penghias interior rumah. Jika Anda tertarik dengan hiasan yang kesannya lebih mewah, pilihlah kerajinan dari perak. Beberapa diantara berbentuk kapal pinisi yang sangat terkenal. Hiasan-hiasan ini berharga mulai Rp. 300 ribu hingga Rp. 1,7 juta sesuai ukuran perahunya. Benda-benda ini cocok untuk meramaikan rumah Anda.

Selain kerajinan, Anda juga bisa memborong minyak gosok dan minyak kayu putih yang sangat terkenal di Makassar. Minyak tawon khas Makassar itu bisa Anda bawa pulang dengan harga Rp. 90 ribu untuk yang bertutup botol merah dan Rp. 235 ribu untuk yang bertutup botol putih.

Nah, di deretan makanan atau cemilan, banyak oleh-oleh yang bisa kita bawa pulang dari kota angin mamiri ini. Misalnya sirup markisa dan kripik kacang, dodol, manisan dan lain-lain. Untuk para penyuka kopi, jangan lupa membawa pulang kopi Toraja yang terkenal kelezatannya.

Aneka oleh-oleh khas Makassar ini bisa Anda dapatkan di kawasan Somba Opu yang dihuni ratusan toko yang tidak pernah sepi dari wisatawan. Selain itu, Anda juga bisa berbelanja oleh-oleh di jalan Pattimura yang letaknya berbatasan langsung dengan Somba Opu.

Selain membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang , jangan lewatkan kuliner Makassar yang wajib Anda cicipi seperti nasi kuning Riburane, konro bakar Karebosi dan pallubasa.

COMMENTS

Loading...
Name

407 Makassar,1,Aneka Wisata,14,Barru,5,Berita,16,Bone,2,Bulukumba,11,destinasi wisata,1,Enrekang,1,Event,19,Event April 2015,1,Event Desember 2014,3,Event Januari 2015,1,Event Maret 2015,3,Event Mei 2015,3,Event Oktober 2014,1,Event September 2015,1,Foto,4,Galesong,3,Gowa,15,Hotel,4,industri kreatif makassar,1,Jeneponto,2,Kuliner,1,Lingkar Kreatif,2,Luwu Timur,6,Luwu Utara,2,Makassar,46,Maros,8,Pangkep,10,Parepare,3,Permainan Tradisional,1,Persona,1,Promo,1,Sejarah,1,Selayar,9,Sinjai,5,Soppeng,2,Sorowako,1,Sosial Budaya,1,Sunset,1,Takalar,6,Tana Toraja,4,Tarian,1,Tips Wisata,60,Toraja,3,Toraja Utara,1,umkm,1,Wajo,1,Wisata,142,Wisata Alam,44,Wisata Bahari,33,Wisata Budaya,17,Wisata Kuliner,23,Wisata Lainnya,4,Wisata Magis,3,Wisata Pantai,2,Wisata Religi,7,Wisata Sejarah,20,Wista,2,
ltr
item
Makassar Guide - Panduan Wisata Sulawesi Selatan: Ragam Oleh-oleh khas Makassar
Ragam Oleh-oleh khas Makassar
http://4.bp.blogspot.com/-4eylYbS8yVM/VSlwsFCH2OI/AAAAAAAABMo/v9Qi8fK0nks/s1600/oleh%2Boleh%2Bmakassar.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-4eylYbS8yVM/VSlwsFCH2OI/AAAAAAAABMo/v9Qi8fK0nks/s72-c/oleh%2Boleh%2Bmakassar.jpg
Makassar Guide - Panduan Wisata Sulawesi Selatan
https://www.makassarguide.com/2015/04/ragam-oleh-oleh-khas-makassar.html
https://www.makassarguide.com/
https://www.makassarguide.com/
https://www.makassarguide.com/2015/04/ragam-oleh-oleh-khas-makassar.html
true
8219378423129597879
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy