Sorowako, Kota Penghasil Nikel yang Seindah Surga

SHARE:

Sorowako di Sulawesi Selatan terkenal sebagai kota penghasil Nikel. Tapi, kota ini juga menyimpan keindahan alam yang dahsyat. Seperti apa indahnya?



Sorowako di Sulawesi Selatan terkenal sebagai kota penghasil Nikel. Tapi, kota ini juga menyimpan keindahan alam yang dahsyat. Seperti apa indahnya?

Nah, ini ada artikel menarik dari kawan Detik Travel Community yang menceritakan keindahan Sorowako. Ini menjadi bukti bahwa Sulawesi Selatan itu layak untuk dikunjungi sebagai tempat wisata.

Mungkin belum banyak yang mengenal Kota Sorowako, kota di mana kekayaan dan keindahan alam berada di satu tempat. Ya, kota ini dikenal sebagai area operasi salah satu perusahaan tambang nikel terbesar dunia. Salah satu penghasil merica terbaik di Indonesia, dan tempat di mana danau terdalam di Asia Tenggara berada, Danau Matano.

Sorowako dapat dicapai dari Makassar melalui dua jalur, yaitu darat dan udara. Melalui darat, kita bisa naik bus malam dengan lama perjalanan sekitar 12 jam. Jangan khawatir dengan lama perjalanannya, karena bus malam menuju Sorowako rata-rata adalah bus baru yang nyaman dengan tempat duduk yang luas, dilengkapi dengan sandaran kaki dan kepala, bantal, bahkan selimut.

Perjalanan 12 jam jadi tidak terasa karena begitu bangun tidur kita sudah tiba di Sorowako. Terdapat banyak pilihan agen perjalanan yang menyediakan jasa bus malam Makassar-Sorowako, antara lain Bintang Timur, Bintang Prima, Litha, Liman, dan Mega Mas dengan harga tiket berkisar antara Rp 180-220 ribu (November, 2014).

Untuk menaiki bus, dari bandara Sultan Hasanuddin kita bisa menggunakan taksi atau damri menuju terminal Daya atau langsung menuju kantor perwakilan agen perjalanan masing-masing. Untuk budget traveler seperti saya, cara termurah adalah dengan berjalan kaki ke luar komplek bandara, dan menunggu bus di simpang batas kota. Biasanya dengan cara ini harga tiketnya jadi lebih murah karena tidak resmi.

Untuk jalur udara, Sorowako dapat dicapai menggunakan pesawat kecil IAT milik PT Vale Indonesia. Karena merupakan pesawat operasional perusahaan, maka pesawat diprioritaskan untuk mobilisasi pegawai dan keluarga pegawai. Untuk umum, kita harus punya kenalan pegawai dulu untuk membantu memesankan penerbangan. Makassar-Sorowako via udara hanya membutuhkan waktu tempuh selama 45 menit saja.

Saya termasuk beruntung karena pernah bekerja di Sorowako selama dua setengah tahun, dengan tempat tinggal berada persis di sisi danau Matano. Namun, tetap saja tidak pernah bosan dengan pesona Danau Matano yang menawan. Wisatawan biasanya menikmati Danau Matano dari Pantai Ide di kawasan Salonsa. Di pagi dan sore hari, kita bisa menikmati indahnya pemandangan matahari terbit dan terbenam dari jetty kayu yang dibangun di bibir Pantai Ide ini. Sungguh memukau.

Di hari Sabtu dan Minggu pagi, kita bisa menyewa kayak untuk mengelilingi Danau Matano di Matano Yacht Club. Selain kayak, kita juga bisa menyewa wind surfing di sini. Jika tidak mau bersusah payah mendayung, kita bisa menyewa raft (perahu rakit) atau katinting (perahu kecil bermotor) dari penduduk sekitar. Harga sewa bervariasi tergantung dengan kelihaian kita dalam tawar-menawar harga.

Tidak hanya itu, Matano yang indah ini pun masih menyimpan keindahan-keindahan lain yang sangat sayang untuk dilewatkan. Di antaranya gua bawah air, kolam mata air Bora-bora, serta pulau-pulau kecil yang bisa kita kelilingi dengan berenang atau snorkeling selama 30 menit dengan pemandangan akar-akar pohon puluhan bahkan ratusan tahun serta ikan purba endemik yang sungguh eksotis! Luar biasa indah!

Sumber

COMMENTS

Name

407 Makassar,1,Aneka Wisata,14,Artikel,2,Barru,5,Berita,18,Bone,2,Bulukumba,11,destinasi wisata,1,Enrekang,1,Event,19,Event April 2015,1,Event Desember 2014,3,Event Januari 2015,1,Event Maret 2015,3,Event Mei 2015,3,Event Oktober 2014,1,Event September 2015,1,Foto,4,Galesong,3,Gowa,15,Hotel,4,industri kreatif makassar,1,Jeneponto,2,Kuliner,1,Lingkar Kreatif,2,Luwu Timur,6,Luwu Utara,2,Makassar,46,Maros,8,Pangkep,10,Parepare,3,Permainan Tradisional,1,Persona,1,Promo,1,Sejarah,1,Selayar,9,Sinjai,5,Soppeng,2,Sorowako,1,Sosial Budaya,1,Sunset,1,Takalar,6,Tana Toraja,4,Tarian,1,Tips,2,Tips Wisata,60,Toraja,3,Toraja Utara,1,umkm,1,Wajo,1,Wisata,142,Wisata Alam,44,Wisata Bahari,33,Wisata Budaya,17,Wisata Kuliner,23,Wisata Lainnya,4,Wisata Magis,3,Wisata Pantai,2,Wisata Religi,7,Wisata Sejarah,20,Wista,2,
ltr
item
Makassar Guide - Panduan Wisata Sulawesi Selatan: Sorowako, Kota Penghasil Nikel yang Seindah Surga
Sorowako, Kota Penghasil Nikel yang Seindah Surga
Sorowako di Sulawesi Selatan terkenal sebagai kota penghasil Nikel. Tapi, kota ini juga menyimpan keindahan alam yang dahsyat. Seperti apa indahnya?
https://2.bp.blogspot.com/-XVM-upDWe4o/VKRIpkjfaDI/AAAAAAAAA6c/cKo-BcLHJ6A/s1600/Sorowako%2BKota%2BPenghasil%2BNikel%2Byang%2BSeindah%2BSurga.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-XVM-upDWe4o/VKRIpkjfaDI/AAAAAAAAA6c/cKo-BcLHJ6A/s72-c/Sorowako%2BKota%2BPenghasil%2BNikel%2Byang%2BSeindah%2BSurga.jpg
Makassar Guide - Panduan Wisata Sulawesi Selatan
https://www.makassarguide.com/2015/01/sorowako-kota-penghasil-nikel-yang.html
https://www.makassarguide.com/
https://www.makassarguide.com/
https://www.makassarguide.com/2015/01/sorowako-kota-penghasil-nikel-yang.html
true
8219378423129597879
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy