Hindari 7 Makanan Ini agar Tidak Terserang Diare Saat Traveling

SHARE:

Terserang diare saat dalam perjalanan tentu menyebalkan. Harus hati-hati memilih makanan agar diare tidak semakin parah. Namun, inilah salah satu penyakit yang sering terjadi saat traveling.


Terserang diare saat dalam perjalanan tentu menyebalkan. Harus hati-hati memilih makanan agar diare tidak semakin parah. Namun, inilah salah satu penyakit yang sering terjadi saat traveling.

Diare sering dianggap sepele. Padahal, diare bisa berdampak fatal bila penderitanya mengalami dehidrasi akibat kehilangan banyak cairan tubuh.

Itu sebabnya, kita harus mengambil langkah cepat dalam mengobati diare. Minum oralit dan minum air putih lebih banyak sangat disarankan. Selain itu, perhatikan beberapa makanan yang harus dihindari saat diare.

1. Gorengan.

Makanan yang digoreng memiliki kandungan lemak tinggi. Makanan dengan kandungan lemak tinggi merupakan salah satu pemicu diare, termasuk makanan yang dikonsumsi bersama krim dan mentega.

Daging berlemak juga merupakan makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat diare. Lebih baik pilih makanan yang diolah dengan cara dipanggang atau dibakar saja selama sedang diare.

2. Jeruk.

Buah jeruk merupakan salah satu buah yang kaya serat, sehingga tidak cocok dikonsumsi penderita diare.

Selain itu, jeruk dan berbagai jenis buah sitrus lainnya juga bisa menimbulkan sakit perut atau mual pada sebagian orang yang terkena gangguan pencernaan.

3. Makanan berserat.

Saat kena diare dan gangguan pencernaan lainnya, biji-bijian, buah, dan sayur yang dikenal kaya serat harus dihindari karena menyebabkan kembung.

Jika kita tetap memakannya, maka kondisi sistem pencernaan akan semakin buruk. Setelah diare reda, baru tingkatkan kembali konsumsi makanan berserat secara bertahap.

4. Susu dan produk olahannya.

Susu dan produk olahannya juga sebaiknya tidak dikonsumsi selama terserang diare dan gangguan pencernaan lainnya, terutama penderita intoleransi laktosa.

Diare dapat semakin parah karena tubuh kehilangan enzim laktase yang seharusnya berfungsi mencerna laktosa. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan suplemen untuk mengganti enzim laktase yang hilang.

5. Makanan pedas.

Ketika terserang diare, pastikan juga kita menghindari makanan pedas. Cabai mengandung capsaicin yang dapat memicu rasa panas dalam perut. Hal tersebut bisa menimbulkan rasa mulas pada orang yang tengah mengalami gangguan pencernaan.

6. Pemanis buatan.

Pada beberapa orang, pemanis buatan seperti sorbitol, manitol, dan xylitol dapat memiliki efek laksatif bagi pencernaannya, yaitu menyebabkan sensasi ingin buang air besar.

Makanya ketika kita sedang mengalami diare, sebaiknya menghindari makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan.

7. Peppermint.

Daun yang menimbulkan efek dingin ini memang sepertinya cocok untuk meredakan panas pada lambung.

Sayangnya, anggapan itu justru salah. Peppermint justru bisa menyebabkan refluks asam dan mulas.

Begitu juga halnya dengan cokelat dan kopi. Keduanya juga memiliki pengaruh seperti peppermint jika dikonsumsi pada saat diare, atau mengalami gangguan pencernaan.

COMMENTS

Loading...
Name

407 Makassar,1,Aneka Wisata,14,Barru,5,Berita,16,Bone,2,Bulukumba,11,destinasi wisata,1,Enrekang,1,Event,19,Event April 2015,1,Event Desember 2014,3,Event Januari 2015,1,Event Maret 2015,3,Event Mei 2015,3,Event Oktober 2014,1,Event September 2015,1,Foto,4,Galesong,3,Gowa,15,Hotel,4,industri kreatif makassar,1,Jeneponto,2,Kuliner,1,Lingkar Kreatif,2,Luwu Timur,6,Luwu Utara,2,Makassar,46,Maros,8,Pangkep,10,Parepare,3,Permainan Tradisional,1,Persona,1,Promo,1,Sejarah,1,Selayar,9,Sinjai,5,Soppeng,2,Sorowako,1,Sosial Budaya,1,Sunset,1,Takalar,6,Tana Toraja,4,Tarian,1,Tips Wisata,60,Toraja,3,Toraja Utara,1,umkm,1,Wajo,1,Wisata,142,Wisata Alam,44,Wisata Bahari,33,Wisata Budaya,17,Wisata Kuliner,23,Wisata Lainnya,4,Wisata Magis,3,Wisata Pantai,2,Wisata Religi,7,Wisata Sejarah,20,Wista,2,
ltr
item
Makassar Guide - Panduan Wisata Sulawesi Selatan: Hindari 7 Makanan Ini agar Tidak Terserang Diare Saat Traveling
Hindari 7 Makanan Ini agar Tidak Terserang Diare Saat Traveling
Terserang diare saat dalam perjalanan tentu menyebalkan. Harus hati-hati memilih makanan agar diare tidak semakin parah. Namun, inilah salah satu penyakit yang sering terjadi saat traveling.
http://3.bp.blogspot.com/-BpmzJOm2pQA/Vkq5kRyTHQI/AAAAAAAABbw/wkFwPkUPNvw/s640/Hindari%2B7%2BMakanan%2BIni%2Bagar%2BTidak%2BTerserang%2BDiare%2BSaat%2BTraveling.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-BpmzJOm2pQA/Vkq5kRyTHQI/AAAAAAAABbw/wkFwPkUPNvw/s72-c/Hindari%2B7%2BMakanan%2BIni%2Bagar%2BTidak%2BTerserang%2BDiare%2BSaat%2BTraveling.jpg
Makassar Guide - Panduan Wisata Sulawesi Selatan
https://www.makassarguide.com/2015/11/hindari-7-makanan-ini-agar-tidak.html
https://www.makassarguide.com/
https://www.makassarguide.com/
https://www.makassarguide.com/2015/11/hindari-7-makanan-ini-agar-tidak.html
true
8219378423129597879
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy