Berziarah ke Makam Syekh Yusuf

SHARE:

Demi menghargai seorang pahlawan ataupun tokoh agama, tak jarang makam mereka yang sudah lama mangkat ini masih sering dikunjungi wisataw...


Demi menghargai seorang pahlawan ataupun tokoh agama, tak jarang makam mereka yang sudah lama mangkat ini masih sering dikunjungi wisatawan. Berziarah ataupun berwisata religi pun menjadi budaya dan bagian dari daya tarik turisme. Hal yang sama terlihat di Kobbang Makassar.

 Kobbang atau ko’bang sebenarnya digunakan untuk menyebut kata “kubah”, namun karena berkaitan dengan pelafalan masyarakat Makassar lebih sering mengucap “kobbang”. Kawasan Kobbang adalah nama lain untuk merujuk Masjid Syekh Yusuf yang berdampingan dengan makam tokoh tersebut. Kobbang berada di Lakiung, berbatasan antara kabupaten Gowa dan kota Makassar tepatnya di jalan Syekh Yusuf.

Nama Syekh Yusuf cukup populer di pulau Sulawesi. Ia adalah ulama besar kelahiran Gowa, Sulawesi Selatan pada 3 Juli 1626. Syekh Yusuf berasal dari kalangan bangsawan tinggi Bugis dan mempunyai pertalian kerabat dengan raja-raja Banten, Gowa dan Bone. Sebagai salah satu ulama besar pada masa kolonial, penjajah sangat takut dan khawatir terhadap pengaruh Syekh Yusuf. Karena hal itulah ia lantas dibuang di Faure, Cape Town, Afrika Selatan.

Di saat kerajaan Gowa kalah, ia memilih pindah ke Banten bersama dengan 400 pendukungnya dan membantu perjuangan kerajaan Banten dalam melawan Belanda. Menyusul kekalahan Raja Banten Sultan Ageng Tirtayasa, ia kemudian diasingkan ke Sri Lanka dan dibuang kembali ke Afrika Selatan agar komunikasi dan dakwahnya dengan  bekas murid-muridnya terputus. Di tempat inilah akhirnya Syekh Yusuf meninggal dalam usia 73 tahun. Jenasah Syekh Yusuf pun dibawa dari Afrika ke Makassar dengan melewati beberapa tempat yakni Sri Lanka, Banten, Sumenep sebelum akhirnya tiba di kota angin mamiri. Di 3 tempat persinggahannya itu para pengikutnya membuat makam agar senantiasa dapat mengambil inspirasi dari ilmu yang sudah diajarkan. Hal itulah yang membuat banyak kisah menceritakan bahwa Syekh Yusuf mempunyai 3 makam yakni di Cape Town, Srilangka dan Banten.

Namun begitu, jasad sebenarnya hingga kini bersemayam di Lakiung. Di kompleks makam dengan luas sekitar 2.500 meter persegi itu, terdapat makam lainnya yakni Sitti Daeng Nisanga yang merupakan istri Syekh Yusuf yang juga bibi dari Sultan Hasanuddin. Di sebelah kiri makam Sitti terdapat makam Sultan Abdul Jalil (Raja Gowa sekaligus putra Sultan Hasanuddin) dan murid utama Syekh Yusuf yakni Syeh Abdul Dhahir. Makam Syekh Yusuf memiliki rumah makam berbentuk kubah semi kerucut yang merupakan bentuk bangunan khas abad XVII. Makam ini terletak persis di samping masjid. Terdapat sebuah lorong yang menghubungkan antara masjid dengan makam.

Kompleks makam ini hampir tidak pernah sepi karena selalu disesaki para pengunjung yang ingin berziarah. Mereka tidak hanya berasal dari Makassar dan Gowa namun juga dari daerah lain.

Untuk mencapai lokasi pemakaman ini sangatlah mudah. Anda bisa menumpang angkutan umum, taksi. Jika menggunakan angkutan umum Anda bisa naik dari lapangan Karebosi jurusan Sungguminasa dan turun di batas kota Makassar. Selanjutnya Anda bisa berjalan kaki atau naik becak sejauh 400 meter menyusuri jalan Syekh Yusuf.

COMMENTS

Name

407 Makassar,1,Aneka Wisata,14,Artikel,2,Barru,5,Berita,18,Bone,2,Bulukumba,11,destinasi wisata,1,Enrekang,1,Event,19,Event April 2015,1,Event Desember 2014,3,Event Januari 2015,1,Event Maret 2015,3,Event Mei 2015,3,Event Oktober 2014,1,Event September 2015,1,Foto,4,Galesong,3,Gowa,15,Hotel,4,industri kreatif makassar,1,Jeneponto,2,Kuliner,1,Lingkar Kreatif,2,Luwu Timur,6,Luwu Utara,2,Makassar,46,Maros,8,Pangkep,10,Parepare,3,Permainan Tradisional,1,Persona,1,Promo,1,Sejarah,1,Selayar,9,Sinjai,5,Soppeng,2,Sorowako,1,Sosial Budaya,1,Sunset,1,Takalar,6,Tana Toraja,4,Tarian,1,Tips,2,Tips Wisata,60,Toraja,3,Toraja Utara,1,umkm,1,Wajo,1,Wisata,142,Wisata Alam,44,Wisata Bahari,33,Wisata Budaya,17,Wisata Kuliner,23,Wisata Lainnya,4,Wisata Magis,3,Wisata Pantai,2,Wisata Religi,7,Wisata Sejarah,20,Wista,2,
ltr
item
Makassar Guide - Panduan Wisata Sulawesi Selatan: Berziarah ke Makam Syekh Yusuf
Berziarah ke Makam Syekh Yusuf
http://1.bp.blogspot.com/-K75ixT2kmr4/VSmE4w7CnfI/AAAAAAAABOU/oDo431xRPdg/s1600/syeikhyusuf72.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-K75ixT2kmr4/VSmE4w7CnfI/AAAAAAAABOU/oDo431xRPdg/s72-c/syeikhyusuf72.jpg
Makassar Guide - Panduan Wisata Sulawesi Selatan
https://www.makassarguide.com/2015/04/berziarah-ke-makam-syekh-yusuf.html
https://www.makassarguide.com/
https://www.makassarguide.com/
https://www.makassarguide.com/2015/04/berziarah-ke-makam-syekh-yusuf.html
true
8219378423129597879
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy