Pasir Putih dan Karang Pulau Dutungeng

SHARE:

Dalam jarak pandang hanya sekitar 500 meter, Pesona Pulau Dutungeng yang berpasir putih mulai menggoda.



Sekilas, jika melintasi pesisir Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, pulau yang luasnya sekitar 9 hektar ini tampak tak ada bedanya dengan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Tidak terlihat baliho atau sekadar petunjuk kecil yang mempromosikannya sebagai tujuan wisata.

Letaknya sekitar 31 kilometer dari ibu kota Kabupaten Barru atau sekitar 20 kilometer dari Kota Parepare, berada di jalur Trans-Sulawesi dan merupakan wilayah yang dilintasi wisatawan menuju Kabupaten Tana Toraja.

Pesona Pulau Dutungeng baru terasa setiba di dermaga kecil, setelah melewati jalan yang membelah perkampungan penduduk. Dalam jarak pandang hanya sekitar 500 meter, pantai berpasir putih mulai menggoda.

Meski tampak sangat dekat dan sebenarnya dapat dijangkau dengan berenang, warga setempat mencegah karena, jika tidak berhati-hati, dapat terseret arus yang tidak menentu. Pengelola pulau menyediakan tiga perahu berkapasitas lima orang hingga 20 orang yang siap menyeberangkan pengunjung kapan saja. Di samping itu ada perahu nelayan yang disewakan.

Pengunjung yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir. Tersedia tempat parkir yang lumayan luas di dekat dermaga.

Lukisan alam

Penyeberangan ke pulau ditempuh hanya sekitar 10 menit. Begitu menjejakkan kaki, pengunjung disambut angin semilir yang mengantarkan aroma laut dan hangatnya sinar matahari tropis. Pasir putih membentang di kiri dan kanan dermaga.

Untuk sekadar melepas penat di hamparan pasir putih, beberapa pohon besar menawarkan keteduhannya. Jika ingin menginap, terdapat 10 cottage dengan harga sewa terjangkau. Tersedia pula restoran bagi pengunjung yang tidak ingin repot membawa bekal makanan.

Pengelola membuat jalan setapak yang membelah pulau, melewati berbagai macam pepohonan dan tumbuhan liar. Kalau belum lelah, boleh juga mencoba mengitari pulau.

Kawasan pantai pulau ini terdiri atas bentangan pasir putih dan sabuk bakau. Kawasan bakau hanya dapat ditembus saat air laut surut. Di antara rimbunan bakau terdapat gua yang, menurut penduduk di sekitar pulau, merupakan tempat persembunyian dan penyimpanan senjata ketika perang revolusi.

Waktu yang paling tepat untuk mengitari pesisir pulau adalah menjelang sore. Saat-saat yang dinantikan adalah matahari senja yang nyaris menjilat laut dengan latar depan perahu-perahu nelayan melintas.

Sambil menunggu pemandangan matahari terbenam, pengunjung biasanya menikmati air pasang yang perlahan-lahan naik. Air laut menyusup bagai akar yang menjalar di sela-sela karang. Kepiting-kepiting karang pun tampak menikmati datangnya air laut.

Malam hari tiba, api unggun menjadi penghangat, sembari mendengarkan orkestra serangga. Dari kejauhan tampak kerlap-kerlip lampu kendaraan yang melintas di jalan Trans-Sulawesi.

COMMENTS

Loading...
Name

407 Makassar,1,Aneka Wisata,14,Barru,5,Berita,16,Bone,2,Bulukumba,11,destinasi wisata,1,Enrekang,1,Event,19,Event April 2015,1,Event Desember 2014,3,Event Januari 2015,1,Event Maret 2015,3,Event Mei 2015,3,Event Oktober 2014,1,Event September 2015,1,Foto,4,Galesong,3,Gowa,15,Hotel,4,industri kreatif makassar,1,Jeneponto,2,Kuliner,1,Lingkar Kreatif,2,Luwu Timur,6,Luwu Utara,2,Makassar,46,Maros,8,Pangkep,10,Parepare,3,Permainan Tradisional,1,Persona,1,Promo,1,Sejarah,1,Selayar,9,Sinjai,5,Soppeng,2,Sorowako,1,Sosial Budaya,1,Sunset,1,Takalar,6,Tana Toraja,4,Tarian,1,Tips Wisata,60,Toraja,3,Toraja Utara,1,umkm,1,Wajo,1,Wisata,142,Wisata Alam,44,Wisata Bahari,33,Wisata Budaya,17,Wisata Kuliner,23,Wisata Lainnya,4,Wisata Magis,3,Wisata Pantai,2,Wisata Religi,7,Wisata Sejarah,20,Wista,2,
ltr
item
Makassar Guide - Panduan Wisata Sulawesi Selatan: Pasir Putih dan Karang Pulau Dutungeng
Pasir Putih dan Karang Pulau Dutungeng
Dalam jarak pandang hanya sekitar 500 meter, Pesona Pulau Dutungeng yang berpasir putih mulai menggoda.
https://4.bp.blogspot.com/-orTyN9Rn3fU/VOWfoBedzdI/AAAAAAAABBA/iFmMGCsPm1c/s1600/Pasir%2BPutih%2Bdan%2BKarang%2BPulau%2BDutungeng.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-orTyN9Rn3fU/VOWfoBedzdI/AAAAAAAABBA/iFmMGCsPm1c/s72-c/Pasir%2BPutih%2Bdan%2BKarang%2BPulau%2BDutungeng.jpg
Makassar Guide - Panduan Wisata Sulawesi Selatan
https://www.makassarguide.com/2015/02/pasir-putih-dan-karang-pulau-dutungeng.html
https://www.makassarguide.com/
https://www.makassarguide.com/
https://www.makassarguide.com/2015/02/pasir-putih-dan-karang-pulau-dutungeng.html
true
8219378423129597879
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy