Atraksi Bissu

SHARE:

Bissu memang berpenampilan dan berperilaku seperti perempuan. Namun mereka kebal senjata tajam. Karena itu atraksi ini menarik.



Suara melengking terdengar di tengah ritual mappasili. Itulah suara pekikan sekelompok orang yang berperilaku feminim. Sesekali mereka menebaskan senjata tajam ke tubuh mereka sendiri. Tetapi tanpa luka bahkan tanpa bekas. Itulah atraksi para bissu.

Mappasili adalah sebuah ritual adat masyarakat Bugis yang menandai mulai musim tanam. Ritual ini dipimpin oleh Bissu. Bissu memang berpenampilan dan berperilaku seperti perempuan. Namun mereka kebal senjata tajam. Karena itu atraksi ini menarik.

Dalam ritual itu, para bissu membersihkan alat-alat pertanian seperti bajak dan parang. Mereka membawa alat-alat itu berkeliling sebelum akhirnya dibasuh dan disucikan. Saat pawai berkeliling itulah mereka memperlihatkan atraksi kesaktian.

Bissu, manusia jenis apa itu?

Masyarakat Bugis tradisional memiliki lima jenis gender. Penulis Australia, Sharyn Graham, dalam laporan penelitian berjudul Sex, Gender and Priests in South Sulawesi, Indonesia (2002), mengatakan, klasifikasi gender di Sulawesi Selatan adalah laki laki (oroane), perempuan (makunrai), perempuan yang berpenampilan layaknya laki laki (calalai), laki laki yang berpenampilan layaknya perempuan (calabai), dan paragender (bissu).

Dalam bahasa populer disebut trans-gender. Bissu adalah warisan kebudayaan pra-Islam di Sulawesi Selatan. Sharyn menyebut bissu sebagai gender transenden karena bissu sesungguhnya adalah pendeta. Meski gerakan mereka gemulai, bissu memiliki sisi maskulinitas, yaitu membawa badik atau parang dan mahir bela diri. Bahkan mereka memiliki kesaktian.

Selain berperan sebagai penghubung antara raja, manusia, dan dewa pada zaman kerajaan, bissu juga dianggap suci. Dalam bahasa Bugis, bissu berarti manusia suci yang tidak haid dan tidak berdarah. Suci karena mereka adalah pendeta. Tidak haid karena kendati seperti perempuan mereka adalah laki-laki. Tidak berdarah karena tubuh mereka tidak bisa ditembus besi atau timah.

Karena kemampuan mereka yang luar biasa, bissu diberi kepercayaan oleh raja untuk menjaga pusaka kerajaan. Keberadaan pusaka kerajaan sekarang ini tidak lepas dari peran para bissu.

Sekarang ini, komunitas bissu semakin jarang ditemukan. Namun pada ritual tertentu, bissu terkadang muncul. Terutama jika ritual itu terkait dengan keberadaan benda pusaka warisan kerajaan. Seperti penampilan bissu dalam ritual Mappasili di Kecamatan Segeri, Kabupaten Pangkep.

Bissu adalah manusia unik bukan? Jika beruntung, wisatawan dapat menyaksikan atraksi bissu dalam ritual Mappasili yang dilaksanakan di Segeri pada awal musim tanam atau sekitar bulan November. Berlokasi hanya sekitar 70 kilometer sebelah utara Kota Makassar.

COMMENTS

Loading...
Name

407 Makassar,1,Aneka Wisata,14,Barru,5,Berita,16,Bone,2,Bulukumba,11,destinasi wisata,1,Enrekang,1,Event,19,Event April 2015,1,Event Desember 2014,3,Event Januari 2015,1,Event Maret 2015,3,Event Mei 2015,3,Event Oktober 2014,1,Event September 2015,1,Foto,4,Galesong,3,Gowa,15,Hotel,4,industri kreatif makassar,1,Jeneponto,2,Kuliner,1,Lingkar Kreatif,2,Luwu Timur,6,Luwu Utara,2,Makassar,46,Maros,8,Pangkep,10,Parepare,3,Permainan Tradisional,1,Persona,1,Promo,1,Sejarah,1,Selayar,9,Sinjai,5,Soppeng,2,Sorowako,1,Sosial Budaya,1,Sunset,1,Takalar,6,Tana Toraja,4,Tarian,1,Tips Wisata,60,Toraja,3,Toraja Utara,1,umkm,1,Wajo,1,Wisata,142,Wisata Alam,44,Wisata Bahari,33,Wisata Budaya,17,Wisata Kuliner,23,Wisata Lainnya,4,Wisata Magis,3,Wisata Pantai,2,Wisata Religi,7,Wisata Sejarah,20,Wista,2,
ltr
item
Makassar Guide - Panduan Wisata Sulawesi Selatan: Atraksi Bissu
Atraksi Bissu
Bissu memang berpenampilan dan berperilaku seperti perempuan. Namun mereka kebal senjata tajam. Karena itu atraksi ini menarik.
https://2.bp.blogspot.com/-_GEjRHEdoYU/VFZOfDEr1nI/AAAAAAAAAoc/B9voNhKbgss/s1600/Atraksi%2BBissu.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-_GEjRHEdoYU/VFZOfDEr1nI/AAAAAAAAAoc/B9voNhKbgss/s72-c/Atraksi%2BBissu.jpg
Makassar Guide - Panduan Wisata Sulawesi Selatan
https://www.makassarguide.com/2014/11/atraksi-bissu.html
https://www.makassarguide.com/
https://www.makassarguide.com/
https://www.makassarguide.com/2014/11/atraksi-bissu.html
true
8219378423129597879
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy