Pantai Lemo-lemo Bulukumba

SHARE:

Pantai Lemo-lemo, berbeda dengan Pantai Pasir Putih Tanjung Bira, keberadaan pantai ini mungkin masih asing di telinga para wisatawan.



Daya pikat pantai ini bukan hanya pada pasir putih dan air laut yang masih jernih, tetapi juga beberapa gugusan batu karang yang menyembul ke permukaan air yang masih alami. Keberadaanya yang masih alami dan cenderung belum tersentuh oleh pembangunan membuat daerah yang bertanah karang itu belum banyak dilirik para wisatawan. Padahal daerah ini memiliki banyak daya dukung untuk dikembangan sebagai destinasi wisata bahari di Bulukumba.

Pantai Lemo-lemo, berbeda dengan Pantai Pasir Putih Tanjung Bira, keberadaan pantai ini mungkin masih asing di telinga para wisatawan. Letaknya sekira 300 meter dari Pantai Pasir Putih Tanjung Bira,  melewati bukit-bukit kecil dan jalan berkelok.

Berbeda dengan Pantai Pasir Putih Tanjung Bira yang hampir tak ada pepohonan, Pantai Lemo-lemo menyuguhkan suasana yang sejuk. Hutan dengan tumbuhan heterogen yang berada di sekitar pantai, membuat suasana di pantai ini terasa sejuk meski sinar matahari menyengat.

Memasuki Kawasan Pantai Lemo-lemo, pengunjung akan disambut nyiur melambai dan sekelompok orang yang sedang membuat perahu besar. Suasana pantai menjadi kental setelah mendengar riuh ombak dan suara kicauan kawanan burung yang hinggap di pepohonan.

Pantai Lemo-lemo begitu sunyi, pasirnya putih, dan airnya masih jernih. Dari kejauhan, terlihat aktivitas para nelayan yang sibuk dengan perahunya. Di sisi lain, hanya ada burung-burung yang bermain di tepian pantai.

Fenomena alam lain yang juga menarik di Lemo-lemo adalah munculnya mata air tawar di tepi pantai. Berjarak beberapa puluh meter dari tepi pantai didapati pula Goa yang di dalamnya mempunyai mata air tawar dan jernih. Tidak diketahui secara pasti kapan mata air ini mulai dimanfaatkan masyarakat sekitar. Namun, satu hal yang jelas bahwa hingga saat ini mata air ini masih dimanfaatkan oleh penduduk kampung Lemo-lemo untuk mandi maupun mengambil air untuk masak.

Bukan hanya itu, pantai ini memiliki terumbu karang yang indah dengan berbagai jenis ikan hias. Di sore hari dapat terlihat panorama senja, di saat matahari akan terbenam. Kombinasi hutan, pantai, laut dan siluet perahu yang sedang dikerjakan kala senja tiba, menjadikan kawasan ini patut untuk dikunjungi.








COMMENTS

BLOGGER: 6
  1. Ah cakep banget, gw mesti balik lagi ke bulu kumba ... suka suka suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mas..., anda harus berkunjung lagi ke Bulukumba untuk menyaksikan sendiri keindahan dan ketenangan Pantai Lemo-lemo.

      Delete
  2. Kondisi jalan masuk disana cocok buat mobil yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kondisi jalan masuk ke pantai Lemo-lemo cukup bagus dan cocok buat mobil.

      Delete
  3. Di tahun 2020 gmn kondisinya KK?

    ReplyDelete
  4. Boleh tanya apa pantai lemo2 suda bisa buka untuk camping saat ini?

    ReplyDelete

Name

407 Makassar,1,Aneka Wisata,18,Artikel,10,Bantaeng,1,Barru,7,Berita,22,Bone,3,Bulukumba,12,destinasi wisata,1,Enrekang,2,Event,19,Event April 2015,1,Event Desember 2014,3,Event Januari 2015,1,Event Maret 2015,3,Event Mei 2015,3,Event Oktober 2014,1,Event September 2015,1,Foto,4,Galesong,3,Gowa,17,Hotel,4,industri kreatif makassar,2,Jeneponto,2,Kuliner,2,Lingkar Kreatif,3,Luwu,1,Luwu Timur,7,Luwu Utara,3,Makassar,47,makassar kreatif,4,Maros,9,Palopo,1,Pangkep,11,Parepare,4,Permainan Tradisional,1,Persona,1,Pinrang,1,Promo,1,Sejarah,1,Selayar,10,Sidrap,1,Sinjai,6,Soppeng,3,Sorowako,1,Sosial Budaya,1,Sunset,1,Takalar,6,Tana Toraja,4,Tarian,1,Tips,4,Tips Wisata,63,Toraja,3,Toraja Utara,1,umkm,1,Wajo,2,Wisata,151,Wisata Alam,49,Wisata Bahari,34,Wisata Budaya,17,Wisata Kuliner,23,Wisata Lainnya,4,Wisata Magis,3,Wisata Pantai,3,Wisata Religi,7,Wisata Sejarah,20,Wista,2,
ltr
item
Makassar Guide - Panduan Wisata Sulawesi Selatan: Pantai Lemo-lemo Bulukumba
Pantai Lemo-lemo Bulukumba
Pantai Lemo-lemo, berbeda dengan Pantai Pasir Putih Tanjung Bira, keberadaan pantai ini mungkin masih asing di telinga para wisatawan.
https://1.bp.blogspot.com/-_jI7027fqdA/VH4YeTuQldI/AAAAAAAAA1Q/7DUNAJmZnwg/s1600/Pantai%2BLemo%2BLemo%2BBulukumba%2BMakassar%2BSulawesi%2BSelatan%2B10.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-_jI7027fqdA/VH4YeTuQldI/AAAAAAAAA1Q/7DUNAJmZnwg/s72-c/Pantai%2BLemo%2BLemo%2BBulukumba%2BMakassar%2BSulawesi%2BSelatan%2B10.jpg
Makassar Guide - Panduan Wisata Sulawesi Selatan
https://www.makassarguide.com/2014/12/pantai-lemo-lemo-bulukumba.html
https://www.makassarguide.com/
https://www.makassarguide.com/
https://www.makassarguide.com/2014/12/pantai-lemo-lemo-bulukumba.html
true
8219378423129597879
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content