Museum Karaeng Pattingalloang

SHARE:

Ingin mempelajari budaya dan sejarah Kerajaan Gowa dan Kerajaan Tallo? Datanglah ke Museum Karaeng Pattingalloang yang berada di perbatas...


Ingin mempelajari budaya dan sejarah Kerajaan Gowa dan Kerajaan Tallo? Datanglah ke Museum Karaeng Pattingalloang yang berada di perbatasan Gowa dan kota Makassar.

Barangkali hal pertama yang tersirat di pikiran Anda adalah nama museum ini “Museum Karaeng Pattingalloang”. Ya, Karaeng Pattingalloang adalah putra Raja Tallo VI yang lahir dari Permaisuri I Wara’ Karaeng Lempangang. Pada umur 18 tahun, Karaeng Pattingalloang telah menguasai beberapa bahasa asing seperti Portugis, Spanyol, Latin, Inggris, Perancis, Belanda, Cina dan Arab. Sedangkan bahasa lokal yang dikuasai adalah Makassar, Bugis, Mandar, Jawa dan Melayu. Kepiawaiannya inilah yang membuat Gowa menjadi negara yang kuat pada masa itu. Selain mengerti banyak bahasa, Karaeng Pattingalloang juga cukup mengetahui rahasia ilmu barat, mempelajari sejarah kerajaan-kerajaan Eropa dan mahir ilmu matematika. Ia juga menimba ilmu technical inovation Europe dan menjadi orang Asia Tenggara pertama yang menyadari pentingnya ilmu-ilmu terapan.

Sementara itu Museum Karaeng Pattingalloang dibangun pada area seluas 600 meter persegi. Bangunan museumnya menggunakan konsep rumah panggung dengan gaya atap yang menarik. Koleksi museum yang terdiri dari dua lantai ini cukup banyak, semuanya memberikan pengetahuan kepada kita tentang keberadaan Gowa pada masa lampau. Di lantai satu kita akan melihat berbagai objek hasil ekskavasi yang dulu menjadi elemen penting bagi keberadaan Benteng Somba Opu.

Kita juga bisa menjumpai berbagai peninggalan manusia Gowa dahulu seperti lempeng tanah liat yang digunakan sebagai instrumen untuk menentukan hari yang baik untuk berbagai perhelatan seperti pernikahan. Di sudut yang lain, terpampang koleksi peninggalan perang Makassar ketika Kerajaan Gowa digempur VOC pada ahun 1666 – 1669.

Koleksi yang berbeda akan kita lihat di lantai dua. Disini barang-barang yang dipamerkan sebagian besar adalah tembikar atau gerabah serta keramik yang ditemukan ketika Arkeolog, Dr. Muchtar Paeni melakukan ekskavasi di sekitar situs Somba Opu sejak tahun 1989. Di halaman museum yang sudah berdiri selama 22 tahun ini terdapat meriam hasil rekonstruksi H. Muchatar Ibrahim Daeng Naba, seorang siswa SMK Pembangunan.

Museum Karaeng Pattingalloang biasanya ramai dikunjungi pada akhir pekan yakni Sabtu dan Minggi. Tidak hanya wisatawan domestik yang mengagumi berbagai koleksi museum ini tetapi juga para turis asing.

Museum yang berada di kawasan Taman Miniatur Sulawesi Selatan atau yang sering disebut kawasan Somba Opu  ini hanya berjarak 7 km dari pusat kota Makassar. Sangat mudah diakses oleh mereka yang sedang berlibur di kota angin mamiri.

COMMENTS

Name

407 Makassar,1,Aneka Wisata,18,Artikel,10,Bantaeng,1,Barru,7,Berita,22,Bone,3,Bulukumba,12,destinasi wisata,1,Enrekang,2,Event,19,Event April 2015,1,Event Desember 2014,3,Event Januari 2015,1,Event Maret 2015,3,Event Mei 2015,3,Event Oktober 2014,1,Event September 2015,1,Foto,4,Galesong,3,Gowa,17,Hotel,4,industri kreatif makassar,2,Jeneponto,2,Kuliner,2,Lingkar Kreatif,3,Luwu,1,Luwu Timur,7,Luwu Utara,3,Makassar,47,makassar kreatif,4,Maros,9,Palopo,1,Pangkep,11,Parepare,4,Permainan Tradisional,1,Persona,1,Pinrang,1,Promo,1,Sejarah,1,Selayar,10,Sidrap,1,Sinjai,6,Soppeng,3,Sorowako,1,Sosial Budaya,1,Sunset,1,Takalar,6,Tana Toraja,4,Tarian,1,Tips,4,Tips Wisata,63,Toraja,3,Toraja Utara,1,umkm,1,Wajo,2,Wisata,151,Wisata Alam,49,Wisata Bahari,34,Wisata Budaya,17,Wisata Kuliner,23,Wisata Lainnya,4,Wisata Magis,3,Wisata Pantai,3,Wisata Religi,7,Wisata Sejarah,20,Wista,2,
ltr
item
Makassar Guide - Panduan Wisata Sulawesi Selatan: Museum Karaeng Pattingalloang
Museum Karaeng Pattingalloang
http://3.bp.blogspot.com/-AmWeJYJ7Kro/VSmA-4vXEeI/AAAAAAAABNs/Xb2J7FlfJTA/s1600/Museum%2BKaraeng%2BPattingalloang.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-AmWeJYJ7Kro/VSmA-4vXEeI/AAAAAAAABNs/Xb2J7FlfJTA/s72-c/Museum%2BKaraeng%2BPattingalloang.jpg
Makassar Guide - Panduan Wisata Sulawesi Selatan
https://www.makassarguide.com/2015/04/museum-karaeng-pattingalloang.html
https://www.makassarguide.com/
https://www.makassarguide.com/
https://www.makassarguide.com/2015/04/museum-karaeng-pattingalloang.html
true
8219378423129597879
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content