Melepas Senja di Kota Tepian Air, Makassar

SHARE:

Begitu matahari benar-benar sudah tenggelam di garis horizon, kawasan ini langsung bermandikan cahaya.


Mengunjungi Kota Makassar untuk beragam urusan, termasuk pelesiran, rasanya belum lengkap bila belum menginjakkan kaki di Pantai Losari. Inilah salah satu ikon bernuansa maritim ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan, di samping Benteng Somba Opu, Benteng Rotterdam, dan Pelabuhan ”Pinisi” Paotere.

Jakarta boleh bangga dengan Pantai Ancol. Surabaya juga punya Pantai Kenjeran. Tetapi, keindahan pantai-pantai itu tidak bisa dinikmati secara gratis. Di samping itu, tentu masih diperlukan waktu dan tenaga untuk melintas jarak karena letaknya tidak bersentuhan langsung dengan pusat keramaian kota.

Akan halnya Pantai Losari, masyarakat Kota Makassar mendapatkan anugerah ruang publik gratis. Lokasi pantai itu memanjang di pesisir barat Kota Makassar tanpa berjarak dengan jalan protokol.

Status kota ”tepian air” (waterfront city) benar-benar disandang Kota Makassar secara sejati. Warga kota dan pendatang bisa tumpah ruah ke tempat ini tanpa perlu membayar, mulai dari sekadar menjejakkan kaki di pelataran hingga duduk berselonjor di anjungan sembari membiarkan kaki diempas lidah-lidah gelombang. Wow....

Memanjang di sisi barat Kota Makassar, pantai ini menjadi tempat empasan gelombang dari Selat Makassar dan Kepulauan Spermenonde. Di bibir pantai yang sebagian hasil reklamasi inilah tersuguh dan terhampar pesona. Sembari menikmati semburat jingga di angkasa menjelang petang, nikmati embusan semilir angin laut. Maka, luruhlah suntuk akibat kesibukan rutin.

Waktu yang paling tepat berkunjung ke sini adalah ketika matahari menjelang terbenam. Pantulan semburat merah-jingga di atas riak-riak air laut laksana kilau berlian yang terhampar.

Begitu matahari benar-benar sudah tenggelam di garis horizon, kawasan ini langsung bermandikan cahaya. Deretan restoran, hotel, dan tempat hiburan eksis dengan permainan cahaya lampu. Inilah salah satu kawasan favorit untuk menikmati malam dan kuliner di Kota Daeng.

”Melihat matahari terbenam pelan, hati terasa damai,” kata Uno Fiana. Senja itu, dara dari Jakarta ini juga amat menikmati suasana duduk-duduk di perahu dalam ayunan lembut gelombang selama perjalanan sejauh 5,1 kilometer ke Pulau Laelae dari dermaga Pantai Losari.

Kedamaian senja pantai juga dapat direguk sembari duduk santai di tembok bibir pantai itu atau di kursi plastik di lapak penjaja pisang epe, kudapan khas kota ini.

Anda juga bisa duduk bertafakur di masjid sambil menunggu waktu Magrib tiba. Masjid ini dikenal juga sebagai Masjid Terapung karena kaki-kaki beton penyangganya tertancap di laut, juga ikon pantai itu.

Menikmati senja di Pantai Losari juga dapat dengan berjalan-jalan santai menyusuri pantai sejauh hampir 2 kilometer, dimulai dari tepi di depan masjid terapung sampai sisi depan Hotel Makassar Golden. Dalam perjalanan ini, aneka kegiatan warga kota dalam menghibur diri dan keluarga menjadi pemandangan menarik.

Di latar depan anjungan, terpampang bangunan huruf-huruf membentuk kata ”Pantai Losari”. Di pelatarannya, anak-anak dapat bermain mobil-mobil atau motor-motor mini yang digerakkan dengan baterai. Dengan menyewanya seharga Rp 10.000-Rp 20.000 per 20 menit, mereka hilir-mudik, berputar-putar di areal pantai reklamasi yang tidak ada pasirnya karena seluruh permukaannya berlantai beton atau batu blok.

Untuk menikmati butiran pasir pantai yang halus, Kota Makassar menyediakan tempat khusus bernama Pantai Akkarena, kawasan wisata Tanjung Bunga, sekitar 3 km selatan Losari.

COMMENTS

Name

407 Makassar,1,Aneka Wisata,18,Artikel,10,Bantaeng,1,Barru,7,Berita,22,Bone,3,Bulukumba,12,destinasi wisata,1,Enrekang,2,Event,19,Event April 2015,1,Event Desember 2014,3,Event Januari 2015,1,Event Maret 2015,3,Event Mei 2015,3,Event Oktober 2014,1,Event September 2015,1,Foto,4,Galesong,3,Gowa,17,Hotel,4,industri kreatif makassar,2,Jeneponto,2,Kuliner,2,Lingkar Kreatif,3,Luwu,1,Luwu Timur,7,Luwu Utara,3,Makassar,47,makassar kreatif,4,Maros,9,Palopo,1,Pangkep,11,Parepare,4,Permainan Tradisional,1,Persona,1,Pinrang,1,Promo,1,Sejarah,1,Selayar,10,Sidrap,1,Sinjai,6,Soppeng,3,Sorowako,1,Sosial Budaya,1,Sunset,1,Takalar,6,Tana Toraja,4,Tarian,1,Tips,4,Tips Wisata,63,Toraja,3,Toraja Utara,1,umkm,1,Wajo,2,Wisata,151,Wisata Alam,49,Wisata Bahari,34,Wisata Budaya,17,Wisata Kuliner,23,Wisata Lainnya,4,Wisata Magis,3,Wisata Pantai,3,Wisata Religi,7,Wisata Sejarah,20,Wista,2,
ltr
item
Makassar Guide - Panduan Wisata Sulawesi Selatan: Melepas Senja di Kota Tepian Air, Makassar
Melepas Senja di Kota Tepian Air, Makassar
Begitu matahari benar-benar sudah tenggelam di garis horizon, kawasan ini langsung bermandikan cahaya.
https://1.bp.blogspot.com/-egkfj8M8Vk4/VQTtv24_h-I/AAAAAAAABJA/9CayqgsxrZk/s1600/Melepas%2BSenja%2Bdi%2BKota%2BTepian%2BAir%2C%2BMakassar.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-egkfj8M8Vk4/VQTtv24_h-I/AAAAAAAABJA/9CayqgsxrZk/s72-c/Melepas%2BSenja%2Bdi%2BKota%2BTepian%2BAir%2C%2BMakassar.jpg
Makassar Guide - Panduan Wisata Sulawesi Selatan
https://www.makassarguide.com/2015/03/melepas-senja-di-kota-tepian-air.html
https://www.makassarguide.com/
https://www.makassarguide.com/
https://www.makassarguide.com/2015/03/melepas-senja-di-kota-tepian-air.html
true
8219378423129597879
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content